TUTUP
TUTUP
POLITIK

DPD Bahas Tatib Pemilihan Ketua Pengganti Irman Gusman

Ada 12 kandidat yang masuk bursa calon ketua.
DPD Bahas Tatib Pemilihan Ketua Pengganti Irman Gusman
Rapat Paripurna DPD  (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Farouk Muhammad mengatakan, anggota DPD saat ini melaksanakan rapat panitia musyawarah (panmus) sebelum melaksanakan sidang paripurna pemilihan ketua DPD pengganti Irman Gusman.

"Ini masih ada dua mekanisme. Kemarin tim kajian setelah mempelajari ada kata-kata memenuhi persyaratan. Sementara persyaratannya apa tak eksplisit selain hanya mengisi daftar," kata Farouk di Gedung DPD, Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2016.

Menurutnya, syarat yang tersebut harus diperjelas. Karena itu dalam  rapat panmus akan membahas soal apakah diperlukan syarat lainnya. Kalau memang disepakati mengikuti tata tertib (tatib) saja maka hanya mengisi daftar.

"Lalu menyampaikan kesediaan untuk dicalonkan dan bersedia bekerja sama dengan baik kemudian menandatangai pakta integritas," kata Farouk.

Ia mengatakan, ada sebagian anggota DPD yang mempersoalkan syarat dalam tata tertib tersebut. Apalagi bakal calon ketua DPD dari wilayah barat yang berjumlah 12 orang masih ada yang berasal dari satu provinsi.

"Ini bagaimana untuk menghasilkan pimpinan yang legitimate. Ada yang mengusulkan untuk memperjelas maksud persyaratan dalam tatib," kata Farouk.

Ia mengatakan, ada usulan agar tiap calon misalnya harus memiliki minimal lima dukungan dari wilayah yang sama. Usulan tersebut akan menjadi bahan yang dimusyawarahkan.

"Jalan pikiran dari kawan-kawan kalau seandainya 12 orang (calon ketua), kan rata-rata (dukungan) berkisar 10 orang dukungannya. Mungkin ada yang lebih atau kurang ini kan soal legitimasi," kata Farouk.

Menurutnya, seyogyanya pimpinan mendapatkan dukungan yang besar. Meski mempertimbangkan soal syarat dukungan dalam tatib, ia menegaskan DPD tetap akan mengedepankan mufakat.

"Negara kita kan mufakat kalau tercapai kesepakatan ya sudah dibawa ke paripurna. Kalau tidak sepakat ya sudah," kata Farouk.

Sebelumnya, Pimpinan rapat konsolidasi wilayah barat Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Fachrul Razi mengatakan, DPD akan melakukan pemilihan ketua DPD pengganti Irman Gusman.

"Musyawarah kita (anggota DPD wilayah barat) memutuskan 12 bakal calon yang akan diberikan ke panitia musyawarah dan rapat paripurna," kata Fachrul di Gedung DPD, Jakarta, Senin 10 Oktober 2016.

Adapun 12 nama bakal calon ketua DPD dari wilayah barat diantaranya Syukur dari Jambi, Hardi Slamet Hood dari Riau, Instsiawati Ayus dari Riau, Darmayanti Lubis dari Sumatra Utara, Ahmad Kanedi dari Bengkulu, Hudarni Rani dari Bangka Belitung, Nofi Chandra dari Sumatra Barat, Parlindungan Purba dari Sumatra Utara, Andi Surya dari Lampung, Asmawati dari Sumatra Selatan, Fachrul Razi dari Aceh and Abdul Gafar Usman dari Riau.

(mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP