TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pengamat: SBY Ada Hasrat Bangun Dinasti Politik

Tafsir muncul setelah Agus Yudhoyono dicalonkan di Pilkada DKI.
Pengamat: SBY Ada Hasrat Bangun Dinasti Politik
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni menghadiri rapat konsolidasi Partai Demokrat di Jakarta, Rabu (5/10).  (ANTARA/Sigid Kurniawan)

VIVA.co.id – Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat disebut akan meneruskan Dinasti politik Cikeas, setelah ia diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Menurut pakar politik Laboratorium Sosiologi UNJ, Ubedilah Badrun untuk mengetahui hal itu, maka perlu dilihat kembali saat Koalisi Kekeluargaan pecah dan Koalisi Cikeas terbentuk.

Menurut Ubedillah, bersatunya empat partai yang dulu memang pernah di bawah kendali Susilo Bambang Yudhoyono saat memerintah selama 10 tahun dalam Pilkada DKI, menjadi titik penting menuju Pemilu 2019.

Kemudian Ubedillah melihat mundur lagi ke belakang dan mengaitkannya dengan kebuntuan politik dalam Koalisi Kekeluargaan yang beberapa bulan sebelumnya dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kebuntuan itu menjadi makin nyata ketika kemudian PDIP pada akhirnya mendukung Ahok," kata Ubedillah kepada VIVA.co.id, Senin 10 Oktober 2016.

Terpecahnya Koalisi Kekeluargaan ini kemudian membuahkan munculnya tiga kelompok besar dari tiga tokoh nasional besar, yakni Megawati Sukarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto. Ketiga tokoh ini punya kepentingan besar dalam pertarungan politik ke depan.

"Dalam konteks inilah memungkinkan ditafsirkan bahwa SBY ada kemungkinan, ada hasrat membangun dinasti politiknya," terang Ubedillah.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP