Pengamat: SBY Ada Hasrat Bangun Dinasti Politik

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat disebut akan meneruskan Dinasti politik Cikeas, setelah ia diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Prabowo Kenang Kebersamaan dengan SBY di Akmil, Sempat Digembleng Sarwo Edhie

Menurut pakar politik Laboratorium Sosiologi UNJ, Ubedilah Badrun untuk mengetahui hal itu, maka perlu dilihat kembali saat Koalisi Kekeluargaan pecah dan Koalisi Cikeas terbentuk.

Menurut Ubedillah, bersatunya empat partai yang dulu memang pernah di bawah kendali Susilo Bambang Yudhoyono saat memerintah selama 10 tahun dalam Pilkada DKI, menjadi titik penting menuju Pemilu 2019.

Prabowo Diberi Lukisan Tangan oleh SBY Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

Kemudian Ubedillah melihat mundur lagi ke belakang dan mengaitkannya dengan kebuntuan politik dalam Koalisi Kekeluargaan yang beberapa bulan sebelumnya dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kebuntuan itu menjadi makin nyata ketika kemudian PDIP pada akhirnya mendukung Ahok," kata Ubedillah kepada VIVA.co.id, Senin 10 Oktober 2016.

SBY ke Prabowo: In You, We Trust!

Terpecahnya Koalisi Kekeluargaan ini kemudian membuahkan munculnya tiga kelompok besar dari tiga tokoh nasional besar, yakni Megawati Sukarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto. Ketiga tokoh ini punya kepentingan besar dalam pertarungan politik ke depan.

"Dalam konteks inilah memungkinkan ditafsirkan bahwa SBY ada kemungkinan, ada hasrat membangun dinasti politiknya," terang Ubedillah.

Capres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di St Regis Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2024

AHY: Misi Besar Demokrat Kembali ke Pemerintahan Nasional Telah Tercapai

AHY mengaku bersyukur misi besar Partai Demokrat untuk kembali ke pemerintahan nasional telah tercapai seiring dengan kemenangan satu putaran pasangan Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024