Pilkada Jakarta 2017

Bawaslu Imbau Publik Tenang soal Kasus Surat Al Maidah

Mendukung Pilkada DKI Jakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nasrullah mengatakan, pihak-pihak yang merasa terganggu dengan kampanye dan isu SARA di Pilkada Jakarta, bisa menggugat secara hukum. Namun dia mengingatkan bahwa bukti yang dihadirkan harus kuat karena jika hanya rekaman dan cuplikan tanpa dasar hukum, belum tentu bisa diproses.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

"Apalagi MK (Mahkamah Konstitusi) telah membatalkan rekaman sebagai alat bukti. Jadi akan lemah sebagai alat bukti," kata Nasrullah di Jakarta, Sabtu 8 Oktober 2016.

Sementara soal pernyataan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengutip surat Al-Maidah ayat 51 dinilai seharusnya tak perlu menjadi masalah. Menurutnya, masyarakat tak perlu geram dan panik dengan pernyataan yang bisa ditafsirkan berbeda tersebut.

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

"Mari kita bangun peradaban Pemilu yang damai dan santun. Soal Al-Maidah itu tenang saja. Jangan terlampau panik. Kita diajari menghargai satu sama lain," kata Nasrullah lagi.

Ia mengatakan, kampanye harus dilakukan dengan sportif dan meminta para tim sukses calon agar kompak memberi pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.  

MK Nyatakan Airlangga dan Zulhas Tak Langgar Kampanye Pilpres 2024

"DKI akan menjadi proses demokrasi, barometer yang sejuk, kalau itu terjadi, pengakuan internasional terhadap demokrasi di Indonesia akan semakin kuat khususnya dalam Pilkada DKI," lanjut Nasrullah.

Thomas Lembong atau Tom Lembong

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Thomas Trikasih Lembong, atau yang dikenal sebagai Tom Lembong, memilih tetap setia bersama Anies Baswedan. Walau, di Pilpres 2024, Anies dengan Muhaimin Iskandar, kalah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024