Partai Bentukan Rhoma Irama Gagal Lolos Seleksi

Pelantikan 18 DPW Partai Idaman
Sumber :
  • Antara/Zarqoni Maksum

VIVA.co.id – Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) yang didirikan oleh Raja Dangdut, Rhoma Irama, tidak lolos verifikasi badan hukum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi (Kemenkumham).

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

Menurut Menkumham Yasonna H Laoly, memang banyak partai yang tidak lolos karena terganjal peryaratan yang tertuang dalam  Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik. Utamanya mengenai persyaratan administrasi kepengurusan, termasuk Partai Idaman.

"Sebagian besar partai baru ini tidak lolos karena terganjal dalam syarat administrasi kepengurusan," kata Yasonna dalam jumpa pers di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Oktober 2016.

Akan Banyak Kejadian Politik setelah Prabowo-Gibran Ditetapkan Pemenang Pilpres, Menurut TKN

Menurut Yasonna, dalam persyaratannya, kepengurusan partai politik harus mencakup seluruh provinsi. Kemudian, kepengurusan di setiap provinsi paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten atau kota yang bersangkutan.

Selain itu, paling sedikit 50 persen dari jumlah kecamatan pada kabupaten atau kota yang bersangkutan.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Bukti keberadaan kantornya di setiap kepengurusan juga harus diverifikasi," kata Yasonna.

Untuk diketahui, dari lima partai baru yang diverifikasi oleh Kemenkumham, hanya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang lolos. Partai itu diketuai oleh Grace Natalie .

Adapun empat partai yang tidak lolos yakni Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), Partai Rakyat, Partai Rakyat Berdaulat, dan Partai Kerja Rakyat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya