TUTUP
TUTUP
POLITIK

Pemerintah Siapkan RUU Perlindungan Umat Beragama

Disebut menjadi prioritas Kementerian Agama.
Pemerintah Siapkan RUU Perlindungan Umat Beragama
Ilustrasi/Satpol PP Segel Rumah yang Diduga Tempat Ibadah Jamaah Ahmadiyah  (VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, salah satu prioritas kementeriannya saat ini adalah menyiapkan Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Perlindungan Umat Beragama. Penggodokan rancangan ini dilakukan dengan lintas kementerian dan lembaga terkait.

"Maka dalam kesempatan ini kami mengundang semua pihak untuk turut berkontribusi bagi tersusunnya regulasi yang berkeadilan," kata Lukman dalam pidatonya yang dibacakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamarudin Amin di acara Simposium Internasional tentang Kehidupan Keagamaan di Kawasan MH Thamrin, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2015.

Menag berharap regulasi yang disiapkan nanti tidak hanya mengutamakan asas keadilan bagi seluruh umat beragama, namun juga untuk para penganut kepercayaan lainnya yang ada di Indonesia.

Selain itu, Lukman berharap ke depan regulasi tersebut bisa mengayomi segenap umat beragama dan melindungi agama dan umatnya. "Baik yang disebut oleh media sebagai mayoritas dan minoritas," lanjutnya.

Lukman menegaskan, pihaknya sangat terbuka untuk menerima masukan dari berbagai elemen masyarakat terkait rencana regulasi perlindungan umat beragama yang kemudian akan dibahas bersama DPR tersebut.

"Kelompok masyarakat sipil, akademisi, praktisi lembaga keagamaan atau mungkin ormas yang mempunyai concern pada isu ini dapat menyampaikan pendapatnya pada kami," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP