Nasdem Buka Pintu untuk Ruhut

Bendera Partai Nasdem.
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVA.co.id - Dukungan politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul ke Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dinilai positif oleh salah satu partai pendukung Ahok, Nasdem. Nasdem menganggap Ruhut percaya dengan kinerja dan komitmen Ahok terhadap Jakarta.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Tentu kami sangat welcome (menyambut dukungan Ruhut) dong," kata politikus Nasdem, Irma Suryani, kepada VIVA.co.id, Selasa, 4 Oktober 2016.

Mengenai bagaimana memfasilitasi dukungan Ruhut pada Ahok, Irma menilai Ruhut bisa saja mengikuti acara-acara kampanye yang diadakan tim sukses Ahok.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

"Boleh saja jika yang bersangkutan berkenan," ujar anggota Komisi IX DPR ini.

Namun apakah Ruhut bisa ditampung oleh salah satu partai pendukung Ahok, Irma menilai hal itu terlalu jauh. Meskipun demikian, dia memastikan bahwa Nasdem tidak melarang siapapun untuk bergabung.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Siapa pun yang memahami dan sejalan dengan pemikiran Nasdem tentang restorasi Indonesia, kenapa tidak," kata Irma.

Ruhut menjadi sorotan akibat perbedaan sikap dengan partainya pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Pemeran Si Poltak dalam sebuah sinetron itu mendukung Ahok dan Djarot, sedangkan Demokrat mengusung Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Akibatnya, elite Demokrat meminta Ruhut untuk mundur. Namun, Ruhut tak menurutinya. Ia menolak mundur, dan meminta agar dipecat.

Situasi ini memunculkan peluang bahwa Ruhut akan masuk ke partai-partai lain. Bahkan, Ruhut mengklaim hampir semua partai mengajaknya bergabung. Meskipun hingga kini, ia setia dengan partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya