Anies Baswedan: Jakarta Tak Hanya Butuh Pembangunan Fisik

Anies Baswedan.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kandidat gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra dan PKS, Anies Baswedan, mengingatkan pentingnya pembangunan manusia dan masyarakat di samping pembangunan fisik. Menurutnya membangun perilaku masyarakat hanya bisa dengan memimpin masyarakat kota, bukan sekadar melakukan pembangunan fisik kota.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

"Kita bicara perilaku, mengubah apa yang di dalam masyarakat," kata Anies di sela-sela peringatan Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1438 H di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu malam, 1 Oktober 2016.

Anies menyebut bahwa selama ini pembangunan di Jakarta hanya seperti membangun di lahan kosong. Padahal menurutnya ada peradaban yang seharusnya juga ikut dibangun.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Tetapi justru (seharusnya) pembinaan mental, rohani, akhlak pribadi dan sosial, dan itu tidak ditumbuhkan," kata Anies.

Pembangunan peradaban itu menurut dia bisa dilihat contohnya dalam Majelis Taklim yang sering digelar di tingkat RT/RW. Menurutnya aktivitas seperti ini yang akan membuat masyarakat terus berkembang.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

"Ini akan didorong terus, jangan justru dikurangi," ujar Anies.

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024