Masih Ada Catatan Evaluasi Haji 2016

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis
Sumber :

VIVA.co.id – Penyelenggaraan haji tahun 2016 ini masih menyisakan catatan-catatan berupa evaluasi yang mesti segera diperbaiki. Namun, secara umum penyelenggaraan haji tahun ini dinilai baik. Masalah kebersihan pemondokan dan petugas keamanan adalah salah satu dari beberapa catatan evaluasi.

Alas Kaki Penting Selama di Madinah, Ini Alasannya

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mengemukakan, ada beberapa catatan penting selama penyelenggaraan haji kali ini. Misalnya, masalah perumahan jemaah yang dinilai masih terlalu jauh, karena jarak antar-rumah sekitar 4,5 km. Tak ada pedagang pula yang menyediakan logistik bagi jemaah di dekat perumahan tersebut. Akhirnya, jemaah haji Indonesia selalu menyetok makanan.
 
“Mereka sudah stok makanan sebelum ke rumah. Yang jualan juga tidak ada di daerah situ, karena dianggap lokasinya terlalu ke pinggir dan memang bukan daerah ramai,” ujar Iskan, usai mengikuti rapat dengan Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag, Rabu 28 September 2016.

Perumahan tersebut berbentuk apartemen yang lokasinya jauh dari keramaian. Masalah lain yang dikemukakan anggota F-PKS ini adalah soal transportasi. Mobil jemputan jemaah Indonesia disatukan dengan jemaah dari negara lain.

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

Iskan melihat, tubuh orang-orang Indonesia relatif kecil, sehingga bila berebut jemputan selalu kalah dengan jemaah asal Turki yang bertubuh besar. Petugas keamanan dari TNI/Polri juga perlu ditambah, agar bisa maksimal membantu jemaah. Bahkan Iskan mengusulkan penambahan dua kali lipat dari jumlah yang ada sekarang.

Catatan evaluasi lain, tambah Iskan, tenda jemaah banyak yang kotor. Usia tenda ada yang sudah 15 tahun.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

“Selain kotor juga sudah tidak efektif, karena tidak bisa menahan panas lagi. Itu, kan, sangat membahayakan jemaah haji,” ujarnya.

Sampah berserakan di mana-mana. Untuk soal ini, Kemenag mesti berkoordinasi dengan maktab. Berbeda dengan lokasi jemaah haji Malaysia yang terlihat bersih.  

Masalah sanitasi tak lepas dari catatan kritis Iskan. Misalnya, soal penyediaan WC yang terbatas. Ini membuat jemaah kesulitan mencari WC terdekat bila ada kebutuhan buang air. Penyediaan catering tidak sama di setiap kota. Bila di Arafah dan Mina cukup bagus, maka di Mekah hanya disediakan nasi box. Tidak ada penyajian ala prasmanan. Kelemahan penyajian dengan nasi box, tambah Iskan, bila ada yang ingin tambah makan tentu tidak bisa. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya