TUTUP
TUTUP
POLITIK

Keuntungan Warga Jakarta Ada Tiga Pasang Calon di Pilkada

Yang tidak suka petahana, masih ada dua pilihan.
Keuntungan Warga Jakarta Ada Tiga Pasang Calon di Pilkada
Maskot Pilkada DKI Jakarta 2017. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

VIVA.co.id – Munculnya tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta disebut jelas memberikan keuntungan bagi publik Jakarta. Pengamat Politik dari Poltracking Institute, Hanta Yuda, mengatakan ada tiga keuntungan politik bagi pemilih di Pilkada DKI Jakarta.

"Dengan tiga poros, three polars ini memberikan keuntungan politik bagi rakyat," kata Hanta dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa 27 September 2016.

Dia mengatakan, dengan kondisi tersebut, Pilkada Jakarta akan sangat kompetitif dan layak diikuti. Apalagi figur-figur yang muncul sebagai bakal calon gubernur malah bukan kader partai tertentu. Hal ini, menurut Hanta, menjadi bukti bahwa partai politik memperhatikan aspirasi rakyat.

Hanta mengatakan, dengan adanya tiga kutub atau tiga pasangan calon, maka kontraksi atau gesekan politik tidak akan sebesar kondisi hanya ada dua pasangan calon seperti yang terjadi pada masa pemilihan presiden tahun 2014 lalu.

"Karena dua kutub biasanya akan terlalu keras hentakan politiknya," kata dia lagi.

Keuntungan lainnya, menurut dia, adalah bahwa tiga pasang calon akan memberi alternatif pilihan bagi warga yang tidak menyukai petahana.

"Yang tidak suka petahana masih ada dua pilihan, jadi menunya lebih banyak dan figur-figur yang dicalonkan saya kira berkualitas," ujar Hanta.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP