MPR Dukung Penguatan Lembaga DPD

Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengadakan rapat konsultasi dengan kelompok Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Zulkifli beserta pimpinan MPR lainnya menerima usulan mengenai penguatan peran DPD yang sebenarnya telah lama digulirkan. Dalam pertemuan tersebut, DPD memberikan rekomendasi tertulis untuk dibahas lebih lanjut oleh pimpinan MPR.

Irman Gusman Tak Masuk DCT, Pemilu DPD RI di Sumbar Berpotensi Inkonstitusional

"Masukan dari DPD ini akan kami pertimbangkan. Pembahasannya akan tetap dilakukan bersama seluruh fraksi dan kelompok DPD," ujar Zulkifli Hasan saat menerima rekomendasi tertulis di Gedung MPR, Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Ia mengatakan, pada saat ini MPR baru menyepakati soal pentingnya haluan negara. Namun keputusan soal itu ada di tangan fraksi-fraksi.

Irman Gusman Akui Pernah Pingin Maju Jadi Capres sebelum Jadi Tersangka Korupsi

Meski membicarakan perihal penguatan peran kelompok DPD, Zulkifli juga sempat menyinggung soal penahanan mantan Ketua DPD Irman Gusman setelah menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun penahanan Irman menurutnya tak berarti menyurutkan niat penguatan lembaga DPD.

"Kami semua prihatin apa yang dialami oleh Irman Gusman. Semoga kuat dan keluarganya juga tabah, tentu ada hikmah di balik ini," kata Zulkifli.

KPU Diminta Jalani Perintah PTUN DKI Masukkan Irman Gusman Jadi Calon DPD 2024

Rapat konsultasi pimpinan MPR dan ketua fraksi dengan pimpinan DPD berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan MPR, Jakarta.

Sementara pimpinan DPD yang hadir antara lain Farouk Muhammad dan GKR Hemas. Rapat berlangsung tertutup sekitar 30 menit.

DKPP periksa Ketua KPU RI Hasyim Asyari.

DKPP Jatuhkan Sanksi Peringatan Keras ke Ketua KPU

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi peringatan keras kepada ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan Komisioner KPU lainnya.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024