Rencana Prabowo untuk Anies Baswedan

Ilustrasi. Prabowo Subianto saat mendeklarasikan Anies-Sandiaga sebagai cagub dan cawagub DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dinilai punya sasaran lebih jauh untuk Anies Baswedan selain menjadi calon DKI 1. Sosok Anies dinilai berpotensi kuat dimajukan untuk mendampingi Prabowo di pemilihan presiden mendatang, jka tembus menjadi Gubernur Jakarta.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, mengatakan Prabowo diyakini punya perhitungan jangka pendek dan jangka panjang hingga akhirnya mengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang tergolong masih muda di Pilkada DKI Jakarta.  

"Apabila mereka mengusung kader parpol (partai politik) lain bagaimana dengan prospek partainya sendiri. Bahwa akhirnya Anies, yang dari sisi politik tidak terlalu mengancam peluang keberhasilan Gerindra pada 2019," kata Said kepada VIVA.co.id, Senin, 26 September 2016.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Said menjelaskan, belajar dari pengalaman pahit Prabowo di pilkada dan Pemilu 2014 membuatnya memperhitungkan figur seperti Anies yang bukan kader partai. Dengan kondisi tersebut diyakini bahwa Anies tidak terdikte partai mana pun.  

"Boleh jadi Pak Prabowo ingin mengelus Pak Anies sebagai salah satu calon yang dia mau dorong sebagai cawapres (calon wakil presiden). Pola kerja sama politik yang diubah Pak Prabowo," ujar Said.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Pemilu 2019, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi akan dilakukan secara serentak. Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) diselenggarakan bersamaan. Dengan demikian, setiap partai politik yang lolos bisa mengajukan calon presidennya sendiri.

Dengan mengusung Anies, lanjut Said, Prabowo punya kelebihan dengan bisa langsung menunjuknya sebagai calon wakilnya kelak.

"Boleh jadi yang sekarang Anies terus dijajaki sebagai salah satu kemungkinan cawapres Pak Prabowo. Apalagi ada kemungkinan pilpres dan pileg serentak tidak ada lagi presidential threshold (ambang batas suara). Maka Gerindra bisa usung sendiri. Kalau dia memilih Anies sebagai wakilnya kan tidak terlalu bermasalah," kata Said.

Oleh karena itu, Gerindra, menurut dia, akan habis-habisan untuk berusaha memenangkan Anies di Pilkada 2017.   (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya