Dewan Pengawas Demokrat Awasi Ruhut dan Hayono Isman

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.
Sumber :

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, menanggapi adanya kader yang tak sejalan dengan keputusan partainya pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Setidaknya ada dua kader senior yang membelot yaitu Ruhut Sitompul dan Hayono Isman.

Gerindra Sindir Komisaris Rasa Dirut, Ruhut: Lawan Politik Ahok Stres

"Yang disebutkan kader Partai Demokrat itu kan jutaan, puluhan juta sehingga kalau ada satu dua yang seperti itu sesuatu hal yang wajar," kata Agus di Gedung DPR, Jakarta, Senin 26 September 2016.

Meski demikian, Agus mengakui fenomena kader membelot itu merupakan pekerjaan rumah partainya, khususnya Dewan Pengawas. Ia meyakini Dewan Pengawas sudah bekerja terus untuk memberikan pemahaman dan doktrin partai.

Ruhut Sitompul, Si Kutu Loncat yang Bangga Jadi Kader PDIP

"Dalam Partai Demokrat ada AD/ART yang melaksanakan penertiban atau melaksanakan hal-hal yang harus diluruskan, termasuk permasalahan ini adalah Dewan Pengawas. Dan Dewan Pengawas kami yakini mulai saat ini atau bahkan kemarin-kemarin itu ada di situ, sudah bekerja (mengawasi) terus-menerus," kata Agus lagi.

Sebelumnya, Demokrat bersama tiga partai lainnya yaitu PKB, PAN, dan PPP memutuskan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dalam Pilkada DKI Jakarta. Namun, ada kader Demokrat yang secara terbuka menyatakan dukungan pribadinya pada petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yaitu Ruhut dan Hayono Isman.

Pakai Seragam PDIP, Ruhut Sitompul: Saya Pasti Lebih Total

Ahok maju diusung Golkar, Hanura, dan Nasdem. Belakangan, PDIP juga ikut mendukung Ahok dan memasangkannya dengan Djarot Saiful Hidayat selaku calon Wakil Gubernur.

Mantan politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul saat ditemui di Depok, Jawa Barat, pada Rabu, 3 Oktober 2018.

Ruhut Sitompul Gantikan Mahfud MD Jadi Anggota BPIP, Cek Faktanya

Benarkah Ruhut Sitompul gantikan Mahfud MD jadi anggota BPIP?

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2020