TUTUP
TUTUP
POLITIK

Keakraban Kandidat Pilkada DKI Tingkatkan Antusiasme Pemilih

Tiga pasangan kandidat Pilkada DKI kerap wefie saat berkumpul
Keakraban Kandidat Pilkada DKI Tingkatkan Antusiasme Pemilih
Cagub dan Cawagub DKI foto selfie di RSAL Mintohardjo (Istimewa)

VIVA.co.id – Ada pemandangan berbeda dalam persaingan di antara para bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Pada beberapa kesempatan mereka berkumpul bersama, selalu saja tiga pasangan ini menyempatkan diri untuk melakukan wefie, swafoto yang dilakukan bersama-sama.

Keakraban seperti ini tak pernah terlihat sebelumnya di antara peserta Pemilu, baik Pilkada maupun Pilpres. Umumnya, foto bersama dilakukan secara formal saat mereka melakukan kegiatan bersama.

Menurut psikolog politik, Zainal Abidin, keakraban seperti ini menjadi bumbu yang justru membangun semangat masyarakat untuk mencari tahu mengenai para sosok yang akan menjadi calon pemimpin mereka. 

"Ada kesadaran dari para kandidat untuk menunjukkan kesamaan itu," kata Zainal dalam perbincangan di tvOne, Senin, 26 September 2016.

Selain itu, dalam proses penentuan ketiganya pasangan ini, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, semuanya diwarnai kejutan.

Baik saat PDIP memutuskan untuk mengusung pasangan petahana, koalisi Cikeas dengan Agus Yudhoyono, serta Gerindra-PKS yang justru menunjuk Anies sebagai bakal calon gubernur.

"Itu kejutan dan harus dibuat demikian, agar ada emosi dan dorongan utk mencair tahu siapa mereka, dan itu mendorong konsituen untuk memilih," kata Zainal.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP