Pilkada Jakarta 2017

Cagub DKI Nonparpol, Bukti Gagalnya Kaderisasi Partai

Para calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat, Masykurudin Hafidz mengatakan, tidak adanya kader dari internal partai politik yang maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI 2017, merupakan bentuk kegagalan partai politik dalam melahirkan pemimpin daerah.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Hal ini, menurutnya, dikarenakan para parpol tersebut kurang akseleratif dalam melakukan kaderisasi di internalnya, sehingga mereka harus mencari sosok pemimpin dari luar partai.

"Seluruh calon gubernur tidak ada yang kader internal partai. Ini membuktikan bahwa proses kaderisasi di partai politik kurang akseleratif, sehingga partai harus mencari dari luar," ujar Hafidz kepada VIVA.co.id, Minggu, 25 September 2016.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

Hafidz menilai, soal pendanaan kampanye para cagub yang maju dari luar parpol, biasanya malah ditanggung sendiri oleh para tokoh yang telah diusung parpol pendukungnya tersebut.

Hafidz mengatakan, berkaca dari pengalaman pilkada sebelumnya, di mana sedikit sekali parpol yang memberikan insentif pendanaan kepada calon nonkader yang diusung.

Demokrat NTT Mulai Gaungkan AHY Jadi Calon Presiden 2024

Hal ini, kata Hafidz, disebabkan karena watak parpol-parpol di Indonesia yang cenderung menganggap jika tokoh nonparpol yang diusungnya itu merupakan bentuk terbebasnya masalah pendanaan, yang harus mereka tanggung dalam hal kampanye.

"Menentukan pasangan calon lebih terlihat mendapatkan daripada memberikan, atau setidak-tidaknya tidak mengeluarkan modal. Sebagian besar pasangan calon justru kerap membiayai sendiri praktik kampanye mereka," ujarnya. (ase)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menikmati malam Minggu (malming) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Februari 2022.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

AHY menikmati malam Minggu bersama Wali Kota Surabaya di Tunjungan Plaza Surabaya. Di sana, keduanya dan rombongan menikmatik kuliner khas Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022