Agus Yudhoyono Akan Lanjutkan Dinasti Politik Cikeas

Mantan kader Partai Demokrat, Tridianto (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/Arief Hidayat

VIVA.co.id – Sebuah langkah mengejutkan ditempuh oleh Partai Demokrat. Bersama PAN, PPP, dan PKB, partai berlambang bintang Mercy itu mengusung putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono, sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Jakarta Satu Putaran di RUU DKJ

Meski demikian, keputusan politik itu tak terlalu mengejutkan bagi mantan kader Partai Demokrat, Tridianto. Sahabat Anas Urbaningrum itu menilai pencalonan Agus sudah direncanakan jauh-jauh hari oleh SBY.

"Ini adalah dalam rangka menyiapkan Agus untuk masuk gelanggang politik, karena kalau melalui jalur militer perlu waktu yang sangat lama," kata Tridianto kepada VIVA.co.id, Minggu, 25 September 2016.

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

Tridianto yang pernah menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Cilacap itu menegaskan, SBY pasti sudah berhitung. Menurutnya, peluang Agus memang kecil di Pilkada DKI 2017. Namun, kata dia, SBY telah menyiapkan posisi untuk Agus di Partai Demokrat.

"Nanti Agus digadang-gadang untuk meneruskan politik dinasti Cikeas menjadi Ketum Demokrat setelah Pak SBY lengser. Agus dinilai keluarga Cikeas lebih siap daripada Ibas," tutur Tridianto.

PKS: Kans Anies Baswedan Maju Lagi di Pilgub DKI Sangat Memungkinkan

Sebelumnya, Demokrat bersama PAN, PPP, dan PKB, yang membentuk Koalisi Cikeas sepakat mengusung Agus Yudhoyono pada Pilkada DKI Jakarta. Agus berpasangan dengan Sylviana Murni. (ase)

Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Diusulkan PKB Sebagai Bakal Cagub DKI Jakarta, Ida Fauziyah: Belum Dilantik Jadi DPR Nih

Ketua DPP PKB, Ida Fauziyah menanggapi adanya rencana Partai Kebangkitan Bangsa yang mengusulkan namanya sebagai kandidat bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 20

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024