TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK
Pilkada Jakarta 2017

Ada Kader Dukung Ahok Dinilai Tak Goyangkan Demokrat

Ada figur kuat SBY yang paling didengarkan di partai tersebut.
Ada Kader Dukung Ahok Dinilai Tak Goyangkan Demokrat
Hayono Isman  (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Kader Partai Demokrat, Ruhut Sitompul dan Hayono Isman secara terbuka telah menyatakan mendukung Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Pakar politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun menilai bahwa hal itu tidak akan membuat Partai Demokrat goyang.

"Membangkangnya Hayono Isman dan Ruhut tidak akan menggoyang suara Demokrat pada Pilkada DKI 2017, karena pengaruh SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) di Demokrat paling dominan. Sementara pengaruh Hayono Isman dan Ruhut di Jakarta jauh di bawah SBY," kata Ubedillah kepada VIVA.co.id di Jakarta, Minggu 25 September 2016.

Menurut Ubedillah, hal itu disebabkan tradisi politik di Demokrat biasanya menyerahkan keputusan pada pimpinan paling tinggi.

"Tradisi di Demokrat sebagaimana spirit demokrasi, biasanya mendengarkan kader dan arus bawah. Namun jika menemui jalan buntu dari arus bawah maka keputusan diserahkan sepenuhnya kepada ketua umum," ujar Ubedillah.

Selain itu, menurut dia, selama ini Demokrat juga cenderung jarang menindak tegas kadernya yang berbeda sikap dengan garis partai.
 
"Dengan nilai-nilai itu petinggi Demokrat tidak akan mudah memberhentikan atau memecat kadernya meski ada yang tidak searah dengan petinggi partainya. Pemecatan hanya bisa dilakukan jika ada pelanggaran konstitusi partai," kata Ubedillah. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP