PAN Ingin Rekrut 70 Persen Kader dari Luar Partai

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkapkan partainya harus dapat memberi contoh yang baik bagi kehidupan politik di Indonesia. Selain memiliki filosofis politik tanpa gaduh, menurutnya, PAN juga harus dapat menjadi rumah besar bagi semua rakyat.

Gerindra Lebih Tepat Usung Jenal daripada Aspri Iriana Jokowi di Pilkada Bogor, Menurut Pengamat

"Dari mana pun berasal memiliki hak dan kewajibannya sama (di PAN)" kata Zulkifli dalam keterangannya, Sabtu 24 September 2016.

Zulkifli menegaskan, partainya sangat terbuka bagi siapa pun. Agama apa saja dan dari suku mana saja, boleh menjadi pengurus PAN.

MK: Belum Ada Parpol Gugat Sengketa Hasil Pemilu 2024

"Partai ini milik rakyat bukan pribadi," ujarnya.

Lebih lanjut, Zulkifli juga mengajak berbagai elemen masyarakat untuk terjun ke dunia politik. Alasannya, kata dia, politik saat ini berkembang pesat, berbeda dengan zaman dahulu.

Partai Politik Akan Mati-matian Berjuang Menangkan Pilkada DKI Jakarta, Menurut Pengamat

"Kita ingin parpol diwarnai dan diisi oleh orang-orang yang kompeten. Dari internal mungkin 30 persen, 70 persen lainnya kita rekrut kader dari luar," tutur Zulkifli.

Selama ini PAN dikenal menjadi salah satu partai yang sering mencalonkan kalangan eksternal termasuk artis dalam Pileg maupun Pilkada.  Misalnya PAN mengusung Anang Hermansyah, Primus Yustisio, Eko Hendro Purnomo atau dikenal Eko Patrio sampai Wanda Hamidah.

Anies, Prabowo, Ganjar, Cak Imin dan Gibran di acara Paku Integritas KPK

Tidak Ada Tawaran Kursi Duduk di Kabinet ke Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Kata Gerindra

Gerindra, menepis isu yang menyebutkan pihaknya menawarkan posisi menteri, kepada kedua capres yang ikut berkompetisi, di Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024