Panglima TNI Berat Lepas Mayor Agus Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • Instagram @agusyudhoyono

VIVA.co.id – Setelah resmi mendaftar sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono bisa segera resmi mengundurkan diri dan diberhentikan secara hormat dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Agus dipastikan tidak bisa menjadi prajurit TNI lagi.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

"Saya jamin tidak bisa kembali lagi ke TNI karena sudah mengajukan dan langsung kami proses. Itu UU No. 10 tahun 2012 kalau tidak salah," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat, 23 September 2016.

Gatot memilih menyikapi positif pengunduran diri Agus. Apalagi, menurut dia, prajurit yang memilih karier di tempat lain, termasuk menjadi politikus, adalah hal yang wajar di negara lain.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

"Memilih karier di politik boleh-boleh saja. Jadi kalau di negara-negara maju jarang yang sampai pensiun. Di Singapura jarang yang sampai pensiun. Jadi fenomena kemajuan negara seperti itu," ujar Gatot.

Dia menuturkan, Mayor Agus sejak SMA Taruna selalu menjadi yang terunggul. Dari segi mental, fisik, dan intelektual, anak Susilo Bambang Yudhoyono ini disebut tak tersaingi.

Demokrat NTT Mulai Gaungkan AHY Jadi Calon Presiden 2024

Agus juga telah disiapkan sebagai salah satu kader untuk reformasi TNI. Karena itu, walaupun ia menghormati pilihan pribadi Agus, namun ia merasa berat melepasnya.

"Saya menyayangkan, saya sudah siapkan kader. Lihat kadernya pilih berpolitik, berat, tapi itu hak pribadi. Yang lainnya pasti nanti ada lagi," kata Gatot. (ase)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menikmati malam Minggu (malming) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Februari 2022.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

AHY menikmati malam Minggu bersama Wali Kota Surabaya di Tunjungan Plaza Surabaya. Di sana, keduanya dan rombongan menikmatik kuliner khas Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022