SBY Minta Agus Cepat Pulang dari Australia Demi Pilkada

Agus Harimurti Yudhoyono saat bersama Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • Instagram @agusyudhoyono

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo, mengungkapkan bahwa munculnya nama Agus Harimurti Yudhoyono bukanlah usulan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Usulan itu, lanjut Roy, justru muncul dari PAN, PPP dan PKB – yang merupakan bagian dari Koalisi Cikeas.

Sulit Berkemih Hingga Ejakulasi Darah Tanda Kanker Prostat

"Mereka (PAN, PPP, PKB) kayaknya ada pertemuan sebelumnya, jadi pas datang sudah matang. Bapak (SBY) juga kaget. Yang bersangkutan (Agus) kan sedang di Australia," kata Roy saat dihubungi, Jumat 23 September 2016.

Roy menjelaskan usulan tiga partai Koalisi Cikeas agar Agus menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta sebenarnya tidak langsung diamini oleh Demokrat dan SBY. Bahkan sempat terjadi perdebatan alot.

SBY Akan Jalani Pengobatan Kanker, Dijadwalkan Tiba di AS Kamis Pagi

"Cukup lumayan panjang di Cikeas. Yang bersangkutan (Agus) kan di Australia, akhirnya ditelepon Bapak (SBY) lalu diajak pulang," ungkapnya.

Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) ini memaparkan bahwa pasangan alternatif Agus-Sylviana memang muncul pada saat-saat terakhir, karena Koalisi Cikeas sebelumnya merupakan bagian dari Koalisi Kekeluargaan.

Usai Operasi, SBY Mau Isi Waktu Masa Pemulihan dengan Melukis

"Ceritanya sebenarnya hanya ada dua kubu, petahana dan Koalisi Kekeluargaan. Sudah ada kesepakatan usung Sandiaga Uno," lanjut Roy.

Namun, dengan cepat, kata dia, perkembangan terjadi dan kondisi berubah karena PKS mengajukan kadernya, Mardani Ali Sera, untuk mendampingi Sandiaga Uno.

"Ini yang buat partai lain merasa perlu untuk mengajukan tokoh alternatif," kata Roy.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya