TUTUP
TUTUP
POLITIK

Agus Yudhoyono Dinilai Punya Modal Hadapi Pilkada DKI

Salah satunya modal darah biru anak Presiden ke 6 Indonesia
Agus Yudhoyono Dinilai Punya Modal Hadapi Pilkada DKI
Mayor TNI Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) (Antara/ Widodo S Jusuf )

VIVA.co.id – Koalisi Cikeas telah menetapkan Mayor TNI Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Pakar politik Laboratorium Sosiologi UNJ, Ubedilah Badrun, menilai Agus yang berpasangan dengan Sylviana Murni memiliki sejumlah modal yang cukup untuk menghadapi Pilkada, termasuk modal finansial.

"Pasangan ini memiliki modal finansial yang juga cukup kuat, yang cenderung dari Amerika Serikat karena kemungkinannya dari jaringan SBY saat Pilpres 2004," kata Ubedillah kepada VIVA.co.id, Jumat 23 September 2016.

Pasangan ini juga dinilai memiliki modal mesin politik dengan dukungan empat partai dan relawan. Kemudian Agus juga disebut punya modal pesona subyektif sebagai anak Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pasangan ini juga memiliki modal dukungan media, modal karakteristik personal militer cerdas, modal pesona subyektif, dan modal darah biru anak mantan presiden," ujar Ubedillah.

Selain itu, sisi lain kekuatan menonjol pasangan ini juga adalah modal budaya. Seperti diketahui, Agus Yudhoyono adalah keturunan Jawa dan Sylviana Murni adalah keturunan Betawi.

"Modal budaya ini dipandang Koalisi Cikeas penting karena etnis di Jakarta mayoritas adalah etnis Jawa," ujar Ubedillah.

Agus juga sempat diragukan kelayakannya untuk memimpin DKI Jakarta. Alasannya, Agus yang diusung koalisi Cikeas yakni Partai Demokrat, PPP, PAN dan PKB, belum teruji kemampuan politik atau di pemerintahan. Sebab, karier Agus lebih banyak dihabiskan di militer.

Namun Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, menjawab keraguan itu. Dia menilai putra dari SBY itu mempunyai modal untuk maju sebagai calon Gubernur.

"Agus lebih dikenal sebagai tentara yang disiplin, mendapatkan penugasan di dalam dan luar negeri. Tapi dia kan seorang intelektual yang mendapatkan tiga gelar master di tiga universitas bergengsi. Itu modal dasar yang baik," ujarnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP