TUTUP
TUTUP
POLITIK
Pilkada Jakarta 2017

PAN Akui Agus Yudhoyono Calon Darurat

Koalisi Cikeas disebut berani mengambil risiko.
PAN Akui Agus Yudhoyono Calon Darurat
Amien Rais (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

VIVA.co.id – Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menyatakan langkah Koalisi Cikeas mencalonkan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta, sebagai langkah darurat politik yang tak bisa terhindarkan.  

Menurut Amien, awalnya Agus diproyeksikan menjadi jenderal TNI nantinya oleh SBY. Akan tetapi, melihat peta politik nasional yang dibahas empat partai yaitu, Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN, maka sepakat mengusung Agus bersama Sylviana Murni untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Sehingga pada rapat empat partai kemarin, kami, Pak SBY mengambil risiko bahwa Agus disodorkan yang kemudian menandingi kekuatan petahana," kata Amien di sela-sela Rapat Luar Biasa Ulama Indonesia di Mesjid Asyafi'iyah, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, 23 September 2016.

Ia menjelaskan, pertarungan Pilkada DKI adalah pertarungan politik yang menjadi sorotan nasional bahkan dunia internasional. Oleh karena itu, level politik pilkada Ibu Kota bisa dianggap skala nasional.

Amien menyebutkan, dua kekuatan besar yang sudah mulai masuk untuk mendapatkan keuntungan dari konstelasi politik DKI Jakarta adalah pengaruh kekuatan dari China dan pengaruh Amerika Serikat.

"Sehingga saya tidak salah menyatakan bahwa pertarungan Jakarta ini adalah proxywar antara kekuatan Amerika yang memiliki kepentingan menguasai sumber daya alam Indonesia dan juga negeri Tirai Bambu yang juga memiliki kepentingan yang hampir sama," kata Amien.

Dia lantas menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat DKI Jakarta, agar tidak mudah terpancing dengan isu yang bisa menyulut konflik horizontal dalam Pilkada DKI mendatang.

Ia berharap agar para alim ulama di Indonesia dapat mengawal keutuhan NKRI dari kepentingan asing yang diduganya sudah masuk melalui Pilkada DKI Jakarta.

"Umat Indonesia harus menjaga NKRI untuk kedaulatan kemandirian bangsa," kata Amien. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP