Ulama Islam Kumpul Minta Hanya Satu Pasangan Yang Lawan Ahok

Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.
Sumber :

VIVA.co.id – Tokoh teras Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais tampak menghadiri rapat luar biasa ulama Indonesia. Rapat para ulama itu dihadiri perwakilan sejumlah ormas Islam di Jakarta yang menolak bakal calon petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Koordinator Pengawal Risalah Istiqlal (Perisai), KH Bachtiar Nasir menyatakan, rapat luar biasa para tokoh Islam ini dilakukan untuk menyikapi munculnya dua poros calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung menghadapi calon petahana Ahok-Djarot pada Pilkada 2017 mendatang.

"Kami berkumpul karena kekecewaan terhadap komunikasi antar-elite yang menyebabkan ada dua poros pemimpin Muslim untuk Pilkada DKI. Itu yang kami sesalkan," kata Bachtiar Nasir di Masjid Asyafi'iyah, Jalan Barkah, Jakarta Selatan, Jumat 23 September 2016.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Ia menjelaskan, poros SBY tidak bisa melihat sosok personal semata, melainkan ada partai koalisi PPP, PKB dan PAN yang ikut bersama Koalisi Cikeas dan mengusung pasangan calon Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni. Amien Rais, kata dia, hadir untuk menjelaskan soal duet Agus-Sylviana.

"Kami berharap Pak Amien bisa menjelaskan kepada kami semua di sini dan kami berharap dua kubu ini masih bisa bertemu dan mengubah keputusan politiknya," kata Bachtiar.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Pantauan VIVA.co.id, pertemuan itu dihadiri oleh puluhan para ulama dan tokoh masyarakat dari perwakilan ormas Islam.

Disebutkan sebelumnya, Rapat Luar Biasa Ulama Indonesia ini pernah digelar di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu. Rapat itu menghasilkan beberapa rekomendasi yang dinamakan Risalah Istiqlal. Salah satu rekomendasi menyebutkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus menyukseskan pemilihan kepala daerah dengan jujur dan transparan, dengan memilih pemimpin Muslim di seluruh daerah.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018