Agus Yudhoyono, 'Amunisi' Terakhir Koalisi Cikeas di Pilkada

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan.
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA.co.id - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan mengatakan, bahwa nama Agus Harimurti Yudhoyono yang berpasangan dengan Sylviana Murni sebetulnya bukan pilihan pertama Koalisi Cikeas untuk Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

Sebab sebelumnya, dalam penjaringan yang dilakukan Partai Demokrat, PPP, PAN dan PKB, ada nama-nama lain seperti Sandiaga Uno, Yusril Ihza Mahendra, Anies Baswedan justru lebih diutamakan, dibanding putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

"Demokrat anggap ini alternatif terakhir," ujar Syarief di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat malam, 23 September 2016.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Hanya saja, usai dilakuan penjaringan, dibahas dan dipertimbangkan dengan sesama anggota partai politik koalisi. Nama-nama di atas justru tak mendapat dukungan penuh dari partai politik anggota Koalisi Cikeas.

"Dari nama-nama yang dijaring itu, setelah dibawa ke rapat koalisi tidak mendapat dukungan yang penuh dari empat koalisi ini, sehingga sulit membuat keputusan. Misalnya Sandiaga Uno. Sandi memang sempat masuk, tapi karena dia sudah nyatakan diri sudah punya Cawagub jadi tidak bisa (diusung)," ujar Syarief.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

Bahkan, upaya koalisi dengan partai Gerindra dan PKS juga sudah dilakukan. Hanya saja upaya tersebut tak membuahkan hasil, karena tidak pas untuk diduetkan, dan tidak adanya keputusan akhir yang sependapat.

"Ada pandangan yang kita jaring itu bisa dipersatukan tapi ternyata tidak cocok. Jadi tidak ada keputusan akhir. Semua calon yang dibahas tidak mendapat respon dari koalisi. Sudah tidak ada jalan lain, inilah yang menjadi alternatif.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya