TUTUP
TUTUP
POLITIK

Agus Yudhoyono, Calon Gubernur DKI dari Koalisi Cikeas

Memiliki karier militer cemerlang, putra SBY itu terjun ke politik.
Agus Yudhoyono, Calon Gubernur DKI dari Koalisi Cikeas
Agus Harimurti Yudhoyono. (VIVAnews/Alfin Tofler)

VIVA.co.id - Publik di Tanah Air tentu tak asing dengan nama Agus Harimurti Yudhoyono. Ya, Agus merupakan anak pertama dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya, Kristiani Herawati atau akrab disapa Ani Yudhoyono. Ia lahir pada 10 Agustus 1978 di Bandung, Jawa Barat.

Seperti dikutip dari wikipedia.org, Agus menempuh pendidikan dasarnya di Bandung, dan Timor Timur, sejak 1984. Pada 1990, ia melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat sebagai siswa Seskoad di Fort Leavenworth.

Selepas lulus dari SMPN 5 Bandung, Agus masuk SMA Taruna Nusantara Magelang pada tahun 1994. Ia lulus dengan predikat terbaik pada tahun 1997 dan meraih medali Garuda Trisakti Tarunatama Emas kemudian masuk ke Akademi Militer Magelang.

Pada Desember 2000, Agus lulus dengan predikat terbaik dan meraih penghargaan pedang Tri Sakti Wiratama serta medali Adhi Makayasa. Sempat masuk pada Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan Kursus Combat Intel, ia juga lulus terbaik pada tahun 2001. Mengikuti jejak SBY, Agus pun bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Pada tahun 2002, saat menjabat Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak, jajaran Brigif Linud 17 Kostrad, Agus diberangkatkan ke Aceh untuk melakukan Operasi Pemulihan Keamanan. Di Aceh, Agus terpilih sebagai Komandan Tim Khusus (Dan Timsus).

Setahun setelah kembali dari Aceh, Agus mendapatkan kepercayaan sebagai Pasiops di Yonif Linud 305/ Tengkorak, usai mengikuti Kursus Pasiops di Pusat Pendidikan Infanteri Pusat Kesenjataan Infanteri Bandung dengan predikat lulus terbaik.

Pada November 2006, Agus menjadi salah satu prajurit yang berangkat ke daerah konflik Lebanon Selatan sebagai bagian dari Kontingen Garuda XXIII-A.

Agus pun mendapat promosi sebagai Komandan Kompi (Danki) di Yonif Linud 305/Tengkorak pada tahun 2007. Kemampuan lapangan Agus diapresiasi Panglima Divif 1 Kotrad sebagai Danki terbaik di jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad pada tahun 2008.

Ia pun melengkapi keterampilan militernya dengan mengikuti Kursus Scuba Divers di TNI Angkatan Laut. Pada tahun yang sama, Agus mendapatkan banyak penugasan khusus, baik dalam mengikuti kursus Scuba Divers TYNI-AL di Kepulauan Seribu, 2008.

Ia pun memperoleh penghargaan sebagai Komandan Kompi terbaik di jajaran divisi Infanteri 1 Kostrad, 2008 Latihan Gabungan TNI Yudha Siaga di Sangata, maupun Latihan Gabungan Cobra Gold yang diselenggarakan oleh USPACOM di Thailand.

Setelah melalui seleksi ketat, Agus pun diterima sebagai mahasiswa dalam bidang Public Administration dan lulus dengan predikat sangat memuaskan pada tahun 2010.

Agus kemudian terpilih sebagai peserta The Young Future Defence Leader Workshop, yang digagas Kementerian Pertahanan. Ia pun ditugaskan ke Amerika Serikat, untuk mengikuti pendidikan Sekolah Lanjutan Perwira di Fort Benning. Di sini, lagi-lagi, ia terpilih sebagai lulusan terbaik.

Terakhir, Agus berdinas sebagai Kepala Seksi 2 / Operasi di lingkungan satuan elite Kostrad, Brigade Infanteri Lintas Udara 17, atau membantu Komandan di bidang Operasi.

Dari sisi keluarga, Agus menikah dengan presenter dan artis Annisa Larasati Pohan. Mereka dikaruniai seorang putri yang diberi nama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Pada kontestasi Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada 2017 mendatang, Koalisi Cikeas yang terdiri dari Partai Demokrat, PKB, PAN, PPP, sepakat mengusungnya menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. Agus akan dipasangkan dengan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata Sylviana Murni.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP