Pilkada Jakarta 2017

Demi Jadi Gubernur, Agus Harimurti Siap Mundur dari TNI

Agus Harimurti Yudhoyono (kanan)
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni telah ditetapkan oleh Koalisi Cikeas sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada DKI 2017. Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, hasil itu didapat setelah diskusi cukup panjang.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Setelah penetapan ini, Hinca memastikan bahwa Agus dan Sylviana akan sama-sama mengundurkan diri dari posisi sebelumnya. Agus merupakan anggota TNI aktif dan Sylviana merupakan Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata.

"Konsekuensi, tentu yang sedang aktif akan mengundurkan diri, Bu Sylviana juga. Demi panggilan yang lebih besar, Mas Agus siap tampil di DKI," kata Hinca di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat dini hari, 23 September 2016.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Mengenai bagaimana kedua nama ini bisa muncul, Hinca hanya menjawab nama itu berasal dari tiga partai di Koalisi Cikeas. Termasuk nama Agus di saat-saat terakhir.

"Nama-nama ini datang dari partai politik yang lain. Kami juga tidak menduganya. Kemudian muncul nama itu, kami bahas selama dua hari terakhir," ujar Hinca.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Mengenai ketidakmunculan Agus dan Sylviana di pengumuman ini, Hinca mengatakan keduanya masih TNI dan PNS aktif. Sehingga demi etika dan norma, keduanya harus saling melapor kepada atasannya masing-masing.

"Tentu yang punya etika tata cara dan norma, harus melapor dulu ke atasannya. Ibu Sylviana ke Gubernur, kemudian Mas Agus ke atasannya," kata Hinca. (ase)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018