Komisi VII Pertanyakan Sikap Presiden Soal Reklamasi Pulau G

Proyek Reklamasi di Teluk Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Komisi VII DPR RI mempertanyakan sikap Presiden Joko Widodo terkait dilanjutkannya proyek reklamasi Pulau G di pantai utara Jakarta.

Terbitkan Izin Reklamasi, Anies Kecewakan Pendukungnya

Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian mengatakan, Presiden harus menjelaskan seperti apa sikap pemerintah yang sebenarnya soal persoalan reklamasi yang telah menjadi kontroversi tersebut.

"Presiden harus punya sikap, supaya masyarakat tahu di mana posisinya," ujarnya, Selasa 20 September 2016.

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Keputusan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman yang menyatakan proyek reklamasi Jakarta dapat dilanjutkan memang tengah menjadi polemik. Ini karena keputusan tersebut tak hanya membatalkan keputusan menteri sebelumnya, tetapi juga melangkahi putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang telah mencabut izin reklamasi Pulau G.

Tak hanya itu, keputusan yang diambil oleh Menteri Luhut Binsar Pandjaitan tersebut juga nampak tak selaras dengan pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya yang menyatakan pengembang Pulau G belum menyelesaikan syarat berupa usul tentang perubahan dokumen lingkungan.

Demokrat: Jika RUU HIP Bertujuan Mulia, Enggak Mungkin Rakyat Bereaksi

Karena pemerintah tak satu suara, Ramson mendesak Presiden untuk mengambil langkah tegas untuk mengakhiri perdebatan soal reklamasi. "Ini jadi tanggung jawab Presiden karena sudah lintas menteri," kata politisi Gerindra tersebut.

Komisi VII DPR RI, menurut Ramson, baru akan memanggil Menteri Siti dan Menteri Luhut pada pekan depan untuk meminta penjelasan soal dilanjutkannya proyek reklamasi Pulau G. (webtorial)

Komik Anies Baswedan soal reklamasi (Facebook/KomikKita)

Komik Bikin Ngakak: Anies Baswedan Reklamasi No, Perluasan Daratan Yes

Komik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal reklamasi.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2020