TUTUP
TUTUP
POLITIK

Yakin Pilkada Lancar, Mendagri Tetap Cermati Aceh dan DKI

Pilkada serentak 2017 akan berlangsung di 101 wilayah.
Yakin Pilkada Lancar, Mendagri Tetap Cermati Aceh dan DKI
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (VIVA/Nadlir)

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yakin Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2017 mendatang secara keseluruhan akan berjalan lancar. Pemetaan konflik lintas lembaga pun sudah dikoordinasikan.

"Kami optimistis. Kapolri, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memetakan area konflik," kata Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Senin 19 September 2016.

Ia melanjutkan, Kapolri dan Badan Intelijen Negara (BIN) akan saling berkoordinasi dari sisi keamanan dan ketertiban. Sejauh ini informasi dari BIN tidak ada masalah terkait Pilkada.

"Hanya harus dicermati masalah Aceh dan DKI Jakarta. Secara optimis 269 Pilkada di 2015 itu lancar. Kami yakin di 101 daerah tahun depan akan lancar juga," kata Tjahjo.

Dari 101 lokasi Pilkada serentak tahun depan, pemilihan gubernur akan berlangsung di tujuh provinsi, antara lain Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Papua Barat. Sedangkan untuk Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati digelar di 76 kabupaten dan pilkada wali kota dan wakil wali kota digelar di 18 kota.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP