Polisi dan KPK Didorong Perketat Pengawasan Pertambangan

Pertambangan Timah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri mulai mengusut berbagai penyimpangan Izin Usaha Pertambangan (IUP). Namun, langkah tersebut masih dinilai lamban oleh anggota Komisi VII DPR RI, Endre Saifoel.

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

Endre mencontohkan lemahnya pengawasan aparat kepolisian di kawasan Kalimantan Tengah. "Mengambil hasil tambang di lahan milik orang lain dan kemudian mengekspornya merupakan suatu kesalahan besar," katanya di Jakarta, Jumat 16 September 2016.

Ia mengungkapkan komisinya telah menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan kecurangan yang dilakukan  PT Takaras Inti Lestari (TIL) di Kalimantan Tengah. Perusahaan ini menambang zirconium (Zr), bukan dari lahan milik sendiri, tetapi dari sumber lain. Dari hasil penambangan itu pada bulan Agustus lalu telah mengekspor 400 ton.

Dari Indonesia untuk Dunia, MIND ID, Holding Industri Tambang Mainkan Peran Inti Hilirisasi

“Ekspor zircon tersebut apakah ada izin usaha pertambangan khususnya (IUPK). Izin clear and clean (C&C) itu memenuhi syarat atau tidak. Mengambil zircon di lahan milik orang lain, jelas tindakan yang salah,” ujarnya.

Politisi Nasdem itu mengingatkan kebijakan C&C yang diberlakukan Ditjen Mineral dan Batubara (Minerba) sejak Mei 2012 itu, sebenarnya bertujuan melindungi dua hal sekaligus. Lingkungan hidup dan pemasukan bagi negara dan pemerintah daerah (Pemda).
 
“Kalau bahan tambang bukan diambil dari lokasi yang memiliki C&C, lingkungan hidup akan rusak. Tambang adalah non-renewable, jadi generasi mendatang hanya mendapat ampas kosong yang merusak,” tuturnya.

Selesaikan PUT 2, Bumi Resources Minerals Ekspansi Bisnis

Endre mendorong polisi dan KPK segera mengusut dugaan penyelewengan pertambangan di Kalimantan Tengah. Hal ini penting untuk menjaga lingkungan dan mengusut dugaan penyelewengan. 

(ren)

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023