TUTUP
TUTUP
POLITIK
Revisi UU Pemilu

PKB Dorong Kenaikan Angka Ambang Parlemen

Tujuannya lebih menyederhanakan jumlah partai.
PKB Dorong Kenaikan Angka Ambang Parlemen
Wakil Ketua Komisi II DPR, Lukman Edy.

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi II DPR fraksi PKB, Lukman Edy menilai ambang batas parlemen harus dinaikkan secara simultan agar jumlah partai politik tak terlalu banyak. Sebab ketika jumlah partai sedikit akan memudahkan konsolidasi demokrasi.

"Saya secara pribadi rekomendasi menaikkan secara simultan parliamentary treshold secara nasional. Kalau ada partai tak bisa ikut pemilu karena terseleksi ambang batas, gabung saja dengan partai yang ada," kata Lukman di DPR, Jakarta, Kamis 15 September 2016.

Ia menambahkan usulan partai politik yang tak memenuhi ambang batas agar bergabung dengan partai lainnya dinilai memungkinkan. Sebab persoalan ideologi partai kini semakin cair.

"PKB buka diri, bukan hanya untuk Nahdatul Ulama. Berbeda agama juga bisa bisa jadi pengurus PKB. Misalnya Daniel Johan. Perang ideologi sudah berakhir. Partai yang tak lolos silakan masuk ke partai yang ada," kata Lukman.

Menurutnya, penyederhanaan partai diperlukan karena saat ini sistem pemilu juga semakin kompleks atau terlalu banyak variasi mulai dari pilkada hingga pilpres. Karena itu penyederhanaan partai dinilai baik bagi konsolidasi demokrasi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP