KPU Anggap Pemilu 2019 Belum Siap e-Voting

Juri Ardiantoro
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Juri Ardiantoro, menilai bahwa wacana pemerintah untuk menggunakan teknologi informasi untuk pemilu atau e-voting belum dapat digunakan untuk
pemilu terdekat.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

"Pemerintah kelihatannya akan menggunakan e-voting dalam pemungutan suara. Secara sederhana penggunaan e-voting membutuhkan waktu panjang untuk persiapan," kata Juri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 15 September 2016.

Menurutnya, kesiapan yang dimaksud bukan hanya soal teknologi dan infrastrukturnya, namun juga kesiapan penyelenggara pemilu dan masyarakat pemilihnya.

Masa Tunggu Hasil Pemilu 35 Hari Kelamaan, Padahal Bisa Satu Minggu

"Apakah kita sudah siap? Rekomendasi KPU e-voting belum diperlukan untuk pemilu yang akan datang, tapi harus disiapkan untuk pemilu ke depannya," kata Juri.

Ia pun menilai bahwa untuk saat ini, pemilu baru siap pada tahap penggunaan e-rekapitulasi dalam rangka menjaga keamanan suara saat dibawa dari tempat pemungutan suara hingga ke tingkat pusat. (ase)
 

Sejumlah Catatan Harus Diperhatikan Jika Indonesia Terapkan E-voting
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Megawati Ingin PDIP Menang Terus, Demokrat: Boleh Saja Asal...

Partai Demokrat menilai apa yang diinginkan Megawati terhadap PDIP menang terus wajar, tapi harus sportif dan tidak melakukan segala cara untuk menang.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2021