TUTUP
TUTUP
POLITIK
Pilkada Jakarta 2017

Jika Rizal Ramli Resmi Maju, Pilkada Jakarta Diprediksi Seru

Mantan Menko Kemaritiman bisa jadi lawan sepadan Ahok.
Jika Rizal Ramli Resmi Maju, Pilkada Jakarta Diprediksi Seru
Rizal Ramli saat sambangi makam Benyamin Sueb (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Munculnya nama Rizal Ramli yang rencananya akan diusung PAN di Pilkada Jakarta ditanggapi positif oleh Pengamat Politik dari Indobarometer, M.Qodari. Menurutnya, jika Rizal resmi diusung, maka akan menjadi lawan tangguh calon petahana dan menjadikan pilkada tahun depan lebih kompetitif.

"Pilkada DKI akan sangat menarik jika Pak Rizal Ramli berhasil dicalonkan oleh parpol (partai politik)," kata M.Qodari dalam perbincangan dengan tvOne, Kamis 15 September 2016.

Menurutnya, sosok Rizal Ramli jelas cukup dikenal. Bahkan hitungan hari sejak Rizal menjadi Menko Kemaritiman di Kabinet Kerja, dia dianggap bisa mencuri perhatian dengan pernyataan- pernyataanya di media.

Namun Qudori mengatakan, masih sangat minim survei terhadap Rizal terkait Jakarta sehingga popularitas dan elektabilitas perlu diuji. Apalagi survei yang kerap dijadikan parpol sebagai indikator mengusung calon kepala daerah.

"Beliau ini memang raising star, begitu jadi menteri langsung populer namun skala nasional, bukan Jakarta," kata dia lagi.

Rizal juga dianggap punya modal sosial yang kuat khususnya di kalangan aktivis dan akademisi. Pengalamannya sebagai mantan aktivis dan pejabat birokrasi dianggap akan menjadi nilai plus jika Rizal maju menjadi calon gubernur.

"Jadi modal sosial di kalangan aktivis itu besar," lanjutnya.

Didukung PAN, Rizal memang belum pasti bisa melenggang di Pilkada 2017. Pasalnya, PAN hanya memiliki dua kursi di DPRD DKI Jakarta yang mana syarat pengusungan minimal adalah 22 kursi baik oleh partai politik maupun gabungan partai politik.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP