TUTUP
TUTUP
POLITIK

Status Gelar Pahlawan Soeharto Masih Diendapkan

Usul pemberian gelar pahlawan Gus Dur juga diendapkan.
Status Gelar Pahlawan Soeharto Masih Diendapkan
Presiden Soeharto (AP Photo)

VIVA.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan kementerian yang ia pimpin sudah mengirimkan surat kepada Dewan Gelar terkait dua nama yang diendapkan untuk menjadi pahlawan nasional. Kedua nama itu adalah Presiden ke-2 Soeharto dan Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), sudah rampung untuk kedua nama itu sehingga dibawa ke Dewan Gelar.

"Jadi kita hanya mengingatkan kembali ke Dewan Gelar bahwa dulu pernah ada keputusan orang-orang tertentu yang sudah diusulkan menjadi calon pahlawan nasional itu membutuhkan kepastian. Karena waktu itu keputusannya adalah diendapkan sampai menunggu saat yang akan ditentukan," jelas Khofifah, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Dia tidak tahu apakah akan diberikan pada November 2016 ini. Namun dalam surat itu, memang tercantum dua calon pahlawan yakni Gus Dur dan Soeharto.

Tinggal sekarang, bagaimana koordinasi antara Dewan Gelar dengan Presiden. Sebab, tugas di Kemensos melalui TP2GP, dianggap sudah selesai.

"Kalau Dewan Gelar ke Presiden. TP2GP dalam koordinasi Kemensos tetapi semuanya independen, jadi TP2GP selesai baru kemudian Kemensos menyurati tim Dewan Gelar gitu. Dari Tim Dewan Gelar baru ke Presiden," jelas Khofifah.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP