TUTUP
TUTUP
POLITIK

Demokrat Kritik Cara Jokowi Pilih Menteri

Di era SBY disebut bahwa Presiden adakan fit and proper test.
Demokrat Kritik Cara Jokowi Pilih Menteri
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sungguh tidak cermat dan mengabaikan masalah administrasi dalam menunjuk seseorang sebagai menteri. Hal ini kata dia jelas terlihat saat penunjukan Archandra Tahar sebagai menteri ESDM.

"Waktu pak SBY ada ada fit and proper test. Semua persyaratan, prosedur dan sistem yang jelas," kata Syarief saat dihubungi pada Jumat 9 September 2016.

Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) di era presiden SBY ini menyayangkan masalah administrasi kewarganegaraan Archandara kini berbuntut kegaduhan. Ia berharap, Presiden Jokowi segera memperhatikan hal tersebut agar tak berkepanjangan.

"Banyak perbaikan yang harus dilakukan, kalau hanya masalah administrasi terlalu kecil, pengelolaan negara harus lebih bagus, bisa dipercaya rakyatlah," ujarnya menambahkan.

Terkait kemungkinan Archandra Tahar akan kembali diangkat sebagai menteri, Syarif menyerahkan hal tersebut kepada kepada Presiden Jokowi.  

"Itu hak prerogatif presiden, tidak bisa diintervensi. Partai Demokrat juga tak akan intervensi tapi kami lihat nanti. Kalau terjadi pelanggaran undang undang berbahaya bagi Presiden," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR itu mengingatkan Presiden Jokowi harus lebih cermat dengan Undang Undang dan segala regulasi yang ada mengenai pengangkatan pejabat negara.  

"Undang undang tidak boleh dilanggar oleh siapa pun."

(mus) 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP