DPR Dorong Pemerintah Tingkatkan Kerjasama dengan Kanada

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Menteri Muda Perdagangan Internasional Kanada
Sumber :

VIVA.co.id – DPR ingin pemerintah Indonesia selalu meningkatkan kerjasama dengan negara Kanada, mengingat kedua negara ini adalah dua negara besar. Masing-masing  negara tersebut memiliki garis pantai terpanjang didunia,  oleh karena itu keduanya memiliki akses paling besar kepada laut.

Sindir PKS, Fahri Hamzah: Pradi itu Korban Terakhir

Demikian hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Muda Perdagangan Internasional Kanada, Hon David Lametti, M.P. di gedung Parlemen, senayan, Jakarta, Kamis 8 September 2016.

“Hubungan dengan Kanada adalah hubungan yang aman bagi Indonesia, karena Kanada merupakan negara besar seperti Indonesia, dan memiliki garis pantai yang cukup besar. Negara ini adalah negara dengan tradisi demokrasi yang sangat baik,” ujar Fahri hamzah.

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?

Menurutnya, Kanada bisa dijadikan sebagai contoh oleh Indonesia. Kanada memiliki multi etnis dan menggunakan dua bahasa yakni bahasa Inggris dan bahasa Perancis. Sumber daya nya juga kaya raya, tetapi SDM dan kemajuan teknologi dan pendidikannya sudah sangat maju.

“Saya sangat mendorong agar Indonesia mengakrabkan kerjasamanya dengan Kanada, supaya kita bisa berhubungan dan berkomunikasi dengan negara-negara yang keuntungannya sudah jelas di depan mata kita, jangan memilih bekerjasama dengan negara yang beresiko dan menjebak,” ucapnya.

Fahri Hamzah: Aksi Sujud Risma Bukti ada Masalah Penanganan Corona

Pondasi-pondasi dari keadaan alam dan hubungan yang sudah terbentuk yang harus terus  ditingkatkan. DPR selalu ingin mendukung ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kerjasama diantara dua negara itu.

“Memang sistem pemerintahannya berbeda, kalau di Kanada menganut sistem parlementer, sementara Indonesia menganut sistem presidensial. Tetapi kerjasama antara dua negara dalam perspektif kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah tetap harus kita tingkatkan, dan diwujudkan menjadi kerjasama bisnis, kerjasama antara masyarakat.

Meskipun jaraknya berjauhan, tetapi ikhtiar untuk mendekatkan dua negara ini tetap harus dilakukan. Parlemen mendorong pemerintah untuk masuk dan terlibat di dalam Trans Pacific partnership.  Dan terus mendukung upaya eksplorasi membangun hubungan dagang yang baik dengan negara lain.

“Kami sangat terbuka jika memerlukan informasi, saran, kordinasi, maupun konsultasi , sehingga hubungan antara kedua negara menjadi lebih kuat. Indonesia merasa bahwa Kanada adalah suatu negara yang harum namanya dan tidak beresiko kalau kita menjalin hubungan,” katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya