TUTUP
TUTUP
POLITIK

Curahan Hati Sutiyoso di Sidang Kabinet Terakhirnya

"BIN itu harus semua tahu, enggak mungkinlah," katanya.
Curahan Hati Sutiyoso di Sidang Kabinet Terakhirnya
Kepala BIN Sutiyoso. (Istimewa)

VIVA.co.id – Walaupun Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyetujui Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso masih tetap menghadiri sidang kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta. Setelah disahkan DPR, Budi Gunawan akan segera dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Menyikapi hari-hari terakhir masa tugasnya, Sutiyoso mengatakan, dia ibarat seorang prajurit yang siap melaksanakan apapun perintah dari komandan tertinggi yakni Presiden Jokowi.

"Saya nyaris tidak ada masalah karena bagi saya jabatan itu amanah yang sifatnya temporer artinya bisa dicabut kapan saja oleh pemerintah. Tentu keputusan Presiden itu telah dipertimbangkan matang-matang dan dikonsultasikan sehingga itu menjadi keputusan terbaik," kata Sutiyoso sebelum sidang kabinet paripurna di Jakarta, Jumat 9 September 2016.

Ia yakin, BIN ke depan di bawah Budi Gunawan (BG) akan lebih baik karena BG menurutnya orang yang cukup berpengalaman. "Saya yakin dia (BG) bisa ke depan ini lebih profesional, kerja sama baik dengan negara lain," kata Sutiyoso.

Politikus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu mengatakan, tugas intelijen memang ada di BIN namun dia mengingatkan bahwa tidak semua hal bisa diatasi BIN karena bagaimanapun lembaga memiliki keterbatasan.  

"Misalnya BIN itu harus semua tahu, enggak mungkinlah. Di Amerika saja tidak seperti itu, apalagi kita ini 250 juta lebih bagaimana seseorang melakukan sesuatu agar tahu dan masyarakat belum tahu kondisi BIN sebenarnya bagaimana," jelas Sutiyoso.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP