TUTUP
TUTUP
POLITIK

Hendropriyono Akui Kepiawaian Budi Gunawan

Ia yakin Komjen Budi tak akan menemui banyak kendala di BIN
Hendropriyono Akui Kepiawaian Budi Gunawan
Komjen Budi Gunawan saat menjalani uji kelayakan di Komisi I DPR. (ANTARA FOTO/ Puspa Perwitasari.)

VIVA.co.id – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono menganggap Komisaris Jenderal Budi Gunawan pantas dipercaya menjadi Kepala BIN. Sebelumnya, DPR telah menyetujui pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Hendro menilai sosok Budi Gunawan pantas memimpin lembaga telik sandi negara tersebut. "Saya kira cocok memang, dengan situasi dan keadaannya," kata Hendro di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 8 September 2016.

Hendro menilai bahwa Budi Gunawan merupakan sosok yang cerdas. Hal tersebut menurut Hendro, diperlukan untuk memimpin lembaga intelijen. Kendati diakuinya jabatan Kepala BIN merupakan jabatan politis.

Lebih lanjut, Hendro menyakini Budi tidak akan menemui kendala dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala BIN. Kekhawatiran tersebut muncul lantaran Budi nantinya akan memimpin sebagian besar anggotanya yang justru dari TNI.

"Budi Gunawan itu piawai, administrator yang baik itu manajemen yang baik, dan manajemen yang baik saya kira leadership-nya baik. Saya kira enggak ada masalah," kata Hendro.

Paripurna DPR RI telah menyetujui pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Persetujuan DPR dilakukan setelah Budi Gunawan menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPR RI pada 7 September 2016 dengan agenda penyampaian visi misi calon Kepala BIN, pandangan fraksi-fraksi dan pengambilan keputusan.

Komisi I DPR RI memutuskan Komjen Budi Gunawan patut dan layak menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Hasil pembahasan itu dilaporkan dalam rapat paripurna DPR pada 8 September 2016 seraya mengharapkan agar rapat paripurna itu bisa memberikan persetujuan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP