Calon Kepala BIN Budi Gunawan

Mulus di Komisi I, Budi Gunawan Diparipurnakan Besok

Komjen Budi Gunawan saat menjalani uji kelayakan di Komisi I DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Puspa Perwitasari.

VIVA.co.id – Uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan di Komisi I DPR telah selesai. Hasilnya, Komisi I menyetujui Budi Gunawan  menggantikan Sutiyoso.

Putra Kepala BIN Jadi Ketum Sayap Pemuda PDIP, Begini Sosoknya

Setelah itu Komisi I segera memberi kabar kepada Pimpinan DPR. Rapat konsultasi pengganti Rapat Bamus kemudian memutuskan hasil ini dibacakan secara resmi dalam Rapat Paripurna besok.

"Keputusan Komisi I langsung dikirim ke pimpinan DPR," kata Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin saat dikonfirmasi, Rabu 7 September 2016.

Kepala BIN Ngurusi Esports, Demi Kepentingan Bangsa

Setelah diminta persetujuan secara resmi di Paripurna, hasil ini kemudian disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, yang sebelumnya memang menunjuk BG.

"Pimpinan DPR mengirim surat ke Presiden. Setelah membaca pertimbangan (hasil fit and proper test), Presiden akan melaksanakan pelantikan," ujar Hasanuddin.

Dituduh Terima Suap Agar Tak Kritik Jokowi, HMI Akan Lapor Polisi

Dia membantah jika prosedur fit and proper test tadi hanya berupa formalitas. Namun yang jelas kata dia, tidak ada perdebatan berarti dalam uji kelayakan tadi.

"Tidak ada perdebatan, melainkan bagaimana mengambil kesimpulan. Sepuluh Fraksi sepakat, menyetujui beliau layak jadi Kepala BIN," kata TB.

Seperti diketahui, Budi Gunawan mengikuti uji kepatutan tak lebih dari tiga jam di hadapan Komisi I. Dia memulai dengan paparan terbuka soal visinya dan dilanjutkan dengan paparan tertutup soal misinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya