TUTUP
TUTUP
POLITIK

DPR Setuju Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Hasil uji kelayakan dan kepatutan akan segera dibawa ke Paripurna.
DPR Setuju Budi Gunawan Jadi Kepala BIN
Komisaris Jenderal Budi Gunawan. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan yang relatif singkat di Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Komjen Polisi Budi Gunawan (BG) akhirnya disetujui menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Ketua Komisi I, Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, pertimbangan menyetujui BG diputuskan melalui rapat internal.

"Maka rapat internal Komisi I memutuskan memberikan pertimbangan sebagai berikut, satu, Saudara Budi Gunawan layak dan patut sebagai KaBIN (Kepala BIN) menggantikan Sutiyoso," kata Abdul Kharis di Ruang Komisi I DPR, Jakarta, Rabu 7 September 2016.

Uji kepatutan hari ini dijelaskannya telah melalui mekanisme yang harus dipenuhi antara lain melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Hasil uji kepatutan dan kelayakan juga sudah melalui pertimbangan fraksi-raksi di parlemen. Namun dia mengatakan alasan meloloskan BG tak bisa disampaikan gamblang karena keputusan secara internal tertutup.

"Demikian kesimpulan kami," kata dia soal persetujuan terhadap BG.

Budi Gunawan mengikuti uji kepatutan tak lebih dari tiga jam di hadapan Komisi I. Dia memulai dengan paparan terbuka soal visinya dan dilanjutkan dengan paparan tertutup soal misinya. Keputusan ini akan segera dibawa ke Sidang Paripurna berikutnya untuk diketok pimpinan DPR.

(mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP