Budi Gunawan Siap Paparkan Soal Harmonisasi di BIN

Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Komisi I DPR siap melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Komjen (Pol) Budi Gunawan pada Rabu, 7 September 2016. Fit and proper test pengganti Sutiyoso itu dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.

KPK Imbau Budi Gunawan Segera Lapor Kekayaan

Dari pantuan, BG sapaan akrab Budi Gunawan, sudah tiba di kompleks parlemen sekitar pukul 09.15. Tanpa banyak berkomentar, ia langsung masuk ke ruang tunggu di Komisi I. BG hanya mengatakan, dirinya telah mempersiapkan visi dan misi yang akan ditanyakan oleh komisi bidang pertahanan itu. Ia juga akan menyampaikan sejumlah program yang telah ia siapkan.

"Visi misi, program terkait penguatan optimalisasi di BIN," kata BG memberi bocoran sebelum memasuki ruangan.

Wapres JK Tak Hadiri Pelantikan Kepala BIN Budi Gunawan

Selain itu ia juga akan memaparkan terkait koordinasi pelaksana intelijen yang menjadi salah satu fungsi BIN. Termasuk bagaimana membina hubungan harmonis antar unsur militer dan sipil dalam tubuh intelijen.

"Memang instrumen di BIN dari dulu ada unsur TNI, Polri dan PNS. Semua sumber daya yang harus kita optimalkan, sinergikan, agar solid menjalankan tugas," ujarnya menjelaskan.

Budi Gunawan Resmi Jabat Kepala BIN

Uji kelayakan ini diperkirakan akan dilakukan secara tertutup. Seperti yang pernah disampaikan pimpinan Komisi I. Ini agar anggota komisi dan BG bisa lebih leluasa dalam melakukan proses tersebut.

(mus)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya