TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

Uji Kelayakan Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN Tertutup

Menyangkut persoalan informasi sensitif
Uji Kelayakan Budi Gunawan Sebagai Kepala BIN Tertutup
Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. Budi tengah diusulkan menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso. (Istimewa)

VIVA.co.id – Ketua Komisi I DPR, Abdul Haris Almasyhari, mengatakan uji kelayakan calon kepala Badan Intelijen Negara  akan dilaksanakan secara tertutup pukul 10.00 WIB. Dalam rapat ini, anggota dewan akan menguji kompetensi Budi Gunawan sebagai calon tunggal menggantikan posisi Sutiyoso.

"Iya disepakati seperti itu. Atas pertimbangan dari komisi I, rapat tadi memutuskan untuk tertutup," kata Abdul di DPR, Jakarta, Selasa, 6 September 2016.

Dia menjelaskan uji kelayakan dilakukan tertutup karena banyak hal strategis terkait intelijen yang tidak mungkin dibuka. Hal itu menyangkut persoalan informasi sensitif yang melingkupi tugas intelijen.

Meski tertutup, dia menjamin proses ini tak akan politis. "Tidak ada (rentan politis saat tertutup)," kata Abdul.

Proses uji kelayakan ini akan diawali dengan penyampaian visi misi cari calon. Lalu anggota dewan akan melakukan pendalaman dengan memberikan serangkaian pertanyaan berasarkan rekam jejak dan prestasi calon. Setelah selesai, Komisi I DPR tidak akan mengumumkan hasilnya.

"Kita tak ambil keputusan setuju atau menolak. Hasil Badan Musyawarah (bamus) tadi menugaskan Komisi I melakukan uji kelayakan, dan langsung disampaikan di paripurna," jelas Abdul.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo melalui surat pada pimpinan DPR, menyampaikan adanya pergantian Kepala Badan Intelijen Negara dari Sutiyoso kepada Budi Gunawan. Surat dari pemerintah itu telah dibacakan secara resmi di rapat paripurna DPR, Selasa, 6 September 2016. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP