Nasdem Sebut Tiada Alasan Tolak Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate
Sumber :

VIVA.co.id - Partai Nasdem menilai tiada alasan menolak Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Sutiyoso.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Menurut Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Johnny G. Plate, nama Budi Gunawan diajukan kepada DPR oleh Presiden, yang memang hak mutlak Kepala Negara. Nama Budi Gunawan tidak diajukan partai politik sehingga dipastikan bebas kepentingan politik.

“Kami lihat penunjukkan BG (Budi Gunawan) bukan oleh parpol tapi domain Presiden. Tak ada alasan untuk tak menyetujui BG," kata Johnny di kompleks Parlemen di Jakarta pada Selasa, 6 September 2016.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Alasan kedua, kata Johnny, Budi Gunawan telah lulus uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) saat dia dicalonkan sebagai Kepala Polri pada 2015. Itu artinya, kapasitas Budi Gunawan tak diragukan lagi andai dicalonkan sebagai Kepala BIN.

Lagi pula, Budi Gunawan sudah malang-melintang alias berpengalaman dengan banyak tugas di Polri. Modal itu diyakini bermanfaat besar bagi Budi Gunawan untuk menghimpun informasi dan data intelijen.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Johnny menolak kecurigaan sebagian kalangan kepada Budi Gunawan yang dikhawatirkan dimanfaatkan kepentingan politik tertentu karena kedekatannya dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Sukarnoputri. Budi Gunawan diyakini mampu bekerja profesional sehingga akan bekerja untuk kepentingan negara, terutama kepada Presiden.

"Itu prejudice; curiga, karena semua jabatan publik yang jadi kewenangan Presiden pasti dituduh begitu. Bukan cuma BIN, Kapolri juga, Panglima TNI juga, menteri juga," katanya.

Presiden Jokowi bersama Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai NasDem Rachmat Gobel

Cek Bendungan di Gorontalo Bareng Rachmat Gobel, Jokowi: Proyeknya Selesai Akhir 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan proyek Bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan selesai akhir 2024. Hal itu disampaikan Jokowi sa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024