TUTUP
TUTUP
POLITIK

DPR Terima Surat Pencalonan Kepala BIN Budi Gunawan

Komisi I DPR segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan.
DPR Terima Surat Pencalonan Kepala BIN Budi Gunawan
Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Surat dari Presiden Joko Widodo terkait pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Sutiyoso kepada Budi Gunawan telah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat.

Surat masuk dari pemerintah itu telah dibacakan secara resmi di rapat paripurna DPR, Selasa, 6 September 2016. Selanjutnya adalah uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilakukan di Komisi I DPR.

"Pimpinan DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo dengan nomor R-58/Pres/09/2016, yang berisi meminta pertimbangan pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN," kata pimpinan rapat, Taufik Kurniawan di dalam ruang sidang, Senayan, Jakarta.

Setelah ini, rapat paripurna dilanjutkan dengan laporan dari Komisi III terkait hasil fit and proper test terhadap calon hakim agung dan calon hakim adhoc Tipikor di Mahkamah Agung.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP