DPR Terima Surat Pencalonan Kepala BIN Budi Gunawan

Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Surat dari Presiden Joko Widodo terkait pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Sutiyoso kepada Budi Gunawan telah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat.

Putra Kepala BIN Jadi Ketum Sayap Pemuda PDIP, Begini Sosoknya

Surat masuk dari pemerintah itu telah dibacakan secara resmi di rapat paripurna DPR, Selasa, 6 September 2016. Selanjutnya adalah uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilakukan di Komisi I DPR.

"Pimpinan DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo dengan nomor R-58/Pres/09/2016, yang berisi meminta pertimbangan pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN," kata pimpinan rapat, Taufik Kurniawan di dalam ruang sidang, Senayan, Jakarta.

Pria Ini Ngaku Joko Widodo di Depan Kepala BIN dan Ganjar Pranowo

Setelah ini, rapat paripurna dilanjutkan dengan laporan dari Komisi III terkait hasil fit and proper test terhadap calon hakim agung dan calon hakim adhoc Tipikor di Mahkamah Agung.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten
Kepala BIN Budi Gunawan

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022