Politikus Hanura Ini Yakin BG Bisa Reformasi BIN

sorot kampanye hanura 2014 - Kampanye Partai Hanura di Bali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendukung pencalonan Wakapolri Komjen Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). BG telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BIN dan akan menjalani fit and proper test pada 7 September 2016 mendatang.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten

"Kami tegaskan, kami tidak akan membawa Komisi I dulu (tapi membawa nama Hanura). Paling tidak tentang nominasi Pak BG akan menjalani fit and proper. Kami menyambut hal baik ini," kata politikus Hanura, Arief Suditomo, dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin, 5 September 2016.

Ia optimistis, BG bisa membawa perubahan progresif dalam internal BIN. Ini berkaca dari portofolio dan latar belakang Kepolisian dari BG. "Reformasi BIN bisa terlaksana," ujar pria yang juga menjadi anggota Komisi I DPR RI ini.

Jokowi Puji Program Budi Gunawan

Arief berharap, BG menghindari pengaruh politik. Hal itu agar kinerjanya sebagai Kepala BIN bisa lebih profesional. "Kita berharap dukungan parpol tidak ada bersama BG," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, DPR kini tengah membahas pemotongan anggaran kementerian dan lembaga termasuk BIN. BIN, kata dia, menjadi instansi yang mendapat bagian potongan terbesar anggaran di 2017. "Pemikiran Pak BG ini yang kita tunggu. Di mana keterbatasan anggaran, melihat gerak langkah ke depan."

Lihat Vaksin Pelajar Madiun, Jokowi Ditemani Budi Gunawan

(mus) 

Kepala BIN Budi Gunawan

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022