DPR Minta Kemenkes Teliti Virus Zika

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf
Sumber :

VIVA.co.id – Virus Zika membuat panik masyarakat Indonesia. Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf menilai masyarakat tidak perlu panik dengan adanya virus Zika. Menurut dia, virus Zika saat ini masih ramai di pemberitaan saja.

Zika dan MERS jadi Fokus Pembahasan Pekan Ilmiah Nasional

"Zika sementara ini masih heboh di pemberitaan ya, karena belum ada yang masuk ke Indonesia. Jadi dari hasil tes berbagai isu, termasuk yang di Jambi, ternyata negatif Zika-nya," kata Dede ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 5 September 2016.

Dede mengatakan, negara-negara tropis seperti Indonesia memang harus mewaspadai penyakit-penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Penanganan Zika kata dia, hampir sama seperti penanganan Demam Berdarah.

WHO: Indonesia Paling Rentan Terkena Virus Zika

"Jadi tidak ada penanganan secara khusus, karena pada dasarnya dia jenis virus yang dibawa oleh nyamuk Aides Aegypti. Namun pemerintah harus waspada karena telah menjadi isu internasional," ujar politikus Partai Demokrat ini.

Namun karena penyakit ini telah jadi persoalan dunia internasional, Komisi IX juga meminta Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian.

Bahaya Zika Tak Hanya Sebabkan Kepala Bayi Lebih Kecil

"Karena ini virus baru, penelitian harus tetap dilakukan agar mengetahui metode cegah tangkal," kata Dede.

Pengembangan vaksin untuk virus Zika.

Ditemukan, Antibodi Penangkal Virus Zika

Antibodi itu berasal dari tubuh manusia.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2016