Gerindra: Pemilu 2019, Jangan-jangan BG Berpihak pada PDIP

Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa, mengomentari kinerja calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) semasa masih menjabat sebagai Wakapolri. Menurutnya, kinerjanya tidak kelihatan luar biasa.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten

"Juga karena Wakapolri tak harus kelihatan kinerjanya karena lebih pada persoalan internal Polri," kata Desmond saat dihubungi VIVA.co.id, Senin, 5 September 2016.

Ia mencatat, saat BG menjadi Wakapolri, sekian Kapolda banyak yang bisa dikatakan sebagai 'orangnya BG'. Sehingga ia menilai ada like and dislike selama BG menjabat posisi tersebut.

Jokowi Puji Program Budi Gunawan

"Kita kalau bicara memuaskan atau tidak agak susah karena parameternya tak jelas. Memang Wakapolri dinilai susah. Yang jadi soal ada dua hal kalau BG menjabat sebagai Kepala BIN," kata Desmond.

Ia menuding keterlibatan BG saat Pilpres lalu untuk mendukung Jokowi menjadi pembelajaran yang cukup menarik. Ia khawatir dengan apa yang akan terjadi ketika BG menjadi Kepala BIN ke depan.

Lihat Vaksin Pelajar Madiun, Jokowi Ditemani Budi Gunawan

"Padahal BIN untuk mendeteksi persoalan atau kemungkinan yang akan muncul seperti kerusuhan atau terorisme, dan dalam rangka presiden membuat kebijakan. Tapi kalau dalam rangka kepentingan nonnegara, Pemilu 2019 jangan-jangan dia berpihak pada PDIP," kata Desmond.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR Ade Komarudin. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

Kepala BIN Budi Gunawan

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022