TUTUP
TUTUP
POLITIK

Gerindra: Pemilu 2019, Jangan-jangan BG Berpihak pada PDIP

Menurut mereka, keterlibatan BG pada Pilpres 2014 menjadi pembelajaran
Gerindra: Pemilu 2019, Jangan-jangan BG Berpihak pada PDIP
Budi Gunawan. (ANTARA/Rosa Panggabean)

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa, mengomentari kinerja calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) semasa masih menjabat sebagai Wakapolri. Menurutnya, kinerjanya tidak kelihatan luar biasa.

"Juga karena Wakapolri tak harus kelihatan kinerjanya karena lebih pada persoalan internal Polri," kata Desmond saat dihubungi VIVA.co.id, Senin, 5 September 2016.

Ia mencatat, saat BG menjadi Wakapolri, sekian Kapolda banyak yang bisa dikatakan sebagai 'orangnya BG'. Sehingga ia menilai ada like and dislike selama BG menjabat posisi tersebut.

"Kita kalau bicara memuaskan atau tidak agak susah karena parameternya tak jelas. Memang Wakapolri dinilai susah. Yang jadi soal ada dua hal kalau BG menjabat sebagai Kepala BIN," kata Desmond.

Ia menuding keterlibatan BG saat Pilpres lalu untuk mendukung Jokowi menjadi pembelajaran yang cukup menarik. Ia khawatir dengan apa yang akan terjadi ketika BG menjadi Kepala BIN ke depan.

"Padahal BIN untuk mendeteksi persoalan atau kemungkinan yang akan muncul seperti kerusuhan atau terorisme, dan dalam rangka presiden membuat kebijakan. Tapi kalau dalam rangka kepentingan nonnegara, Pemilu 2019 jangan-jangan dia berpihak pada PDIP," kata Desmond.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR Ade Komarudin. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP