TUTUP
TUTUP
POLITIK

Setya Novanto Perintahkan Golkar Amankan Pencalonan BG

BG menjadi calon Kepala BIN yang baru menggantikan Sutiyoso.
Setya Novanto Perintahkan Golkar Amankan Pencalonan BG
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto. (VIVA.co.id/Bayu Nugraha)

VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto memberikan pernyataan mengenai pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Jenderal bintang tiga yang kini menjabat sebagai Wakapolri itu akan menggantikan posisi Sutiyoso.

"Saya sudah mendengar Bapak Presiden Jokowi telah mengirimkan surat pengajuan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen lntelijen Negara menggantikan Bapak Sutiyoso," kata Novanto dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 2 September 2016.

Novanto mengaku sangat mengapresiasi langkah Presiden menunjuk Komjen Budi Gunawan. Menurutnya, BG adalah sosok yang tepat memimpin BIN. "Budi Gunawan tercatat sebagai lulusan terbaik Akpol tahun 1993 dan selalu meraih peringkat nomor satu di setiap pendidikan Polri seperti saat sekolah PTIK, Sespim, Sespati dan Lemhanas," ujarnya menambahkan.

Selain itu, lanjut Novanto, BG juga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa yang sangat prestisius karena Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik setiap matra TNI dan Kepolisian, sehingga sangat wajar jika Budi Gunawan dapat menunjukkan prestasi terbaik di seluruh aspek akademis, jasmani dan kepribadian (mental).

"Saya sudah menelepon Ketua DPR Ade Komarudin dan Jajaran Fraksi Partai Golkar di DPR RI, untuk mengawal keputusan Presiden Jokowi yang telah menunjuk Budi Gunawan sebagai Kepala BIN, mulai dari pembahasan di pimpinan DPR dan fraksi, hingga fit and proper test di Komisi I DPR dan Paripurna," kata mantan Ketua DPR tersebut.

Kepada Sutiyoso yang akan memasuki purna tugas sebagai Kepala BIN, Novanto mengucapkan selamat sekaligus terima kasih atas pengabdiannya kepada bangsa dan Tanah Air.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP