TUTUP
TUTUP
POLITIK

Fahri Hamzah: Budi Gunawan Polisi Cerdas, Cocok Pimpin BIN

Banyak menulis, analis, tak banyak bicara dan bisa 'membaca' keadaan.
Fahri Hamzah: Budi Gunawan Polisi Cerdas, Cocok Pimpin BIN
Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan (tengah). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fahri Hamzah, mengaku tak meragukan kapasitas Budi Gunawan (BG) yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Sutiyoso.

"Soal kecerdasan, BG termasuk polisi yang paling banyak menulis dalam 5 sampai 10 tahun terakhir. BG orangnya tak suka bicara tapi menulis, analitik dan cukup kuat baca keadaan," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 2 September 2016.

Ia mengatakan, untuk posisi BG saat ini sebagai Wakil Kapolri juga cukup tinggi sehingga memang layak dipromosikan jabatannya menjadi kepala BIN.

"Presiden punya hak prerogatif siapa pembisik utamanya. Sebab kepala BIN akan menjadi mata dan telinga Presiden. Orangnya mesti yang Presiden percaya betul dan mampu menjadi indra Presiden," kata Fahri.

Politikus PKS itu menjelaskan bahwa dalam hal ini posisi DPR adalah menerima atau menolak calon yang diajukan Presiden. Hal itu akan diputuskan melalui fit and proper test 'uji kepatutan dan kelayakan' oleh Komisi I yang mengurusi pertahanan, luar negeri dan informasi.   

"Saya percaya Presiden pasti berkomunikasi cukup intensif dengan BG. Presiden pasti berdialog sebelum diajukan ke Dewan," ujar Fahri.

 

(ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP