Fahri Hamzah: Budi Gunawan Polisi Cerdas, Cocok Pimpin BIN

Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fahri Hamzah, mengaku tak meragukan kapasitas Budi Gunawan (BG) yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Sutiyoso.

Wilayah 4T di Sulawesi Utara Digempur Vaksinasi

"Soal kecerdasan, BG termasuk polisi yang paling banyak menulis dalam 5 sampai 10 tahun terakhir. BG orangnya tak suka bicara tapi menulis, analitik dan cukup kuat baca keadaan," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 2 September 2016.

Ia mengatakan, untuk posisi BG saat ini sebagai Wakil Kapolri juga cukup tinggi sehingga memang layak dipromosikan jabatannya menjadi kepala BIN.

11 Ribu Dosis Vaksin Disebar ke 5 Kabupaten di Jawa Tengah

"Presiden punya hak prerogatif siapa pembisik utamanya. Sebab kepala BIN akan menjadi mata dan telinga Presiden. Orangnya mesti yang Presiden percaya betul dan mampu menjadi indra Presiden," kata Fahri.

Politikus PKS itu menjelaskan bahwa dalam hal ini posisi DPR adalah menerima atau menolak calon yang diajukan Presiden. Hal itu akan diputuskan melalui fit and proper test 'uji kepatutan dan kelayakan' oleh Komisi I yang mengurusi pertahanan, luar negeri dan informasi.   

Tes Covid-19 Syarat Perjalanan Tak Wajib, Vaksinasi di Babel Digeber

"Saya percaya Presiden pasti berkomunikasi cukup intensif dengan BG. Presiden pasti berdialog sebelum diajukan ke Dewan," ujar Fahri.

(ren)

Kepala BIN Budi Gunawan meninjau vaksinasi

Kepala BIN: Saatnya Indonesia Punya Medical Intelligence Andal

Badan Intelijen Negara (BIN) terus mengembangkan kapasitas dan kapabilitas medical intelligence-nya untuk kesiapan menghadapi ancaman mendatang.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022