Pergantian Wakapolri Tunggu Pelantikan Budi Gunawan

Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. Budi tengah diusulkan menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengusulkan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jendral Polisi Budi Gunawan sebagai calon tunggal kepala Badan Intelijen Negara (BIN) kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jum'at, 2 September 2016.

Kepala BIN Jadi Dewan Pakar Masjid Indonesia

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jendral Boy Rafli Amar mengatakan, proses pergantian Wakapolri belum akan dilakukan oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

Menurut Boy, proses pergantian tersebut akan dilakukan pada saat Komjen Budi Gunawan sudah secara resmi dilantik menjadi Kepala BIN oleh Presiden.

Harta Kekayaan Budi Gunawan TigaTahun Lalu Rp22,6 Miliar

"Proses pergantian pejabat Wakapolri dilaksanakan melalui proses Wanjakti untuk memilih pejabat baru, setelah Komjen Pol Budi Gunawan resmi menjabat Kepala BIN," kata Boy saat dihubungi, Jum'at, 2 September 2016.

Mantan Kapolda Banten ini menerangkan, proses pergantian Wakapolri akan dilakukan melalui proses internal Polri, yakni melalui Wanjakti.

Usai Dilantik, Budi Gunawan Cium Tangan Megawati

"Tentu mekanisme di internal kita sudah ada ya, melalui wanjakti. Jadi kita tunggu saja dulu proses itu yah, sampai Pak BG melewati proses pencalonannya. Berkaitan dengan fit and proper test, sampai pelantikan, kita tunggu dulu."

(mus) 

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla.

Susunan Pengurus Dewan Masjid Indonesia 2017-2022

Mulai Kepala BIN hingga Menkominfo jadi anggota.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2018