TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
POLITIK

Alasan Jokowi Copot Kepala BIN Sutiyoso

Regenerasi.
Alasan Jokowi Copot Kepala BIN Sutiyoso
Kepala BIN, Sutiyoso, dan Jaksa Agung M. Prasetyo bersama Samadikun Hartono setelah tiba di Jakarta, Kamis malam, 21 April 2016. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/16.)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengirimkan surat penggantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sutiyoso akan digantikan oleh Wakapolri Komjen Pol. Budi Gunawan (BG).

Alasan penggantian kepala BIN oleh Jokowi menurut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno adalah perlunya regenerasi. Tak ada alasan khusus termasuk kurangnya performa Sutiyoso.

"Itu regenerasi biasa aja. Argumentasinya regenerasi saja," kata Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 2 September 2016.

Sementara Ketua DPR, Ade Komarudin mengatakan setelah menerima surat dari Presiden Jokowi, mereka akan segera melakukan rapat pimpinan (rapim) untuk menindaklanjuti ihwal tersebut.

"Tentu kami akan rapat juga dengan fraksi-fraksi," kata Ade Komarudin.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, Komisi I juga akan menindaklanjuti dengan segera menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon pengganti Sutiyoso yang diajukan Jokowi itu.

"Akan ditentukan jadwal (uji kepatutan)," kata Ade lagi.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP