Fadli Zon: Lucu, Dulu Ahok Pernah Minta Foke Cuti Kampanye

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mempertanyakan sikap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang menolak cuti kampanye pada Pilkada DKI 2017 nanti.

Jokowi Marah, Fadli Tanya yang Salah Menteri atau Presiden?

Padahal kata Fadli, pada Pilkada DKI 2012 silam, Ahok merupakan salah satu pihak yang meminta calon petahana Fauzi Bowo atau Foke cuti kampanye.

"Dahulu kan Ahok termasuk yang meminta Fauzi Bowo untuk cuti. Kok sekarang dia ingin mempertahankan tidak mau cuti, kan lucu jadinya," kata Fadli saat ditemui VIVA.co.id di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Jokowi Marah ke Menterinya, Fadli Zon: Bohongan Apa Serius?

Menurut dia, Ahok telah berlaku tidak jujur lantaran menolak cuti kampanye. Padahal, kata Fadli, berdasar peraturan dan perundang-undangan yang ada, cuti dilakukan untuk menghindari abuse of power atau penyalahgunaan wewenang dalam pesta demokrasi lokal mendatang.

"Cuti itu adalah salah satu usaha untuk membuat Pilkada itu lebih adil dan menghindari hal-hal yang ke arah abuse of power termasuk penggunaan fasilitas," ujarnya.

Fadli Zon Sebut BPIP Harusnya Dibubarkan

Wakil Ketua DPR itu menyarankan Ahok koreksi diri. Ia menambahkan calon petahana tetap wajib mengambil cuti kampanye selama empat bulan.

"Dahulu cara berpikir dia tidak begitu, mungkin karena kepentingannya berbeda kemudian dia berpikir seperti itu. Jadi dia tidak jujur lah sebetulnya. Jelas cuti itu agar tidak ada penggunaan fasilitas dari petahana dalam bersaing," katanya.

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?

Penanganan covid-19 dianggap menjadi tanggung jawab presiden

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2020